• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Raih IGA 2019 dari Kemendagri, Solo Terima Dana Insentif Rp 5M

8 October
15:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Kesekian Kalinya Pemerintah Kota Surakarta meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat sebagai Kota terinovatif di Indonesia. Tahun ini Pemkot Surakarta menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2019 kategori kota terinovatif dari Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Benteng Selatan, Jakarta Pusat,  Senin (7/10/2019) malam. Selain Surakarta, ada delapan kota lainnya di Indonesia yang meraih penghargaan serupa yakni, Bogor, Cimahi, Bandung, Magelang, Makasar, Malang, Bontang, dan Denpasar.

Wali Kota Rudyatmo mengatakan, Walikota-Wakil Walikota dan seluruh ASN Pemkot sepakat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik, mudah, cepat, murah, dan gratis bagi yang gratis. Berbagai inovasi telah dilakukan Pemkot Surakarta dan mendapatkan penilaian dari tim juri tingkat pusat.

"Sehingga ini sangat memotivasi bagi ASN dan saya untuk selalu melalukan inovasi untuk kepentingan pelayanan masyarakat kota Solo," ungkap Rudy saat dikonfirmasi RRI, Selasa (8/10/2019).

Menurut Rudy, sapaan akrab Wali kota Solo, penghargaan merupakan salah satu bukti perhatian dari pemerintah pusat dengan memberikan piagam dan tropi. Sekaligus menyatakan Solo sebagai kota paling inovatif.

"Sehingga apabila mendapatkan penghargaan berupa dana insentif maupun piagam penghargaan itu nanti yang merasakan adala masyarakat juga," jelasnya.

Wali Kota Rudyatmo menyampaikan dengan gelar kota Inovatif Pemkot Surakarta juga mendapatkan dana insentif daerah yang akan masuk pada tahun anggaran 2020. Walikota tidak menyebut secara rinci, namun anggaran yang akan diterima diperkirakan lebih dari Rp 50 miliar. Anggaran sejumlah tersebut akan diimplementasikan  dalam bentuk pembangunan secara fisik maupun nonfisik.

"Pembangunan GOR Manahan, Gedung-gedung sekolah adalah dana insentif yang telah dihasilkan oleh ASN dalam melakukan inovasi pelayanan publik," ujarnya.

Rudy mengatakan, sebagai langkah kedepan dalam mewujudkan Kota Inovatif yakni akan membangun Mall Pelayanan Publik satu atap. Rencananya akan memanfaatkan gedung eks Bank Danamon Solo di Benteng Vasternburg.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00