• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Hasil Studi Cisco, Layanan Jaringan Internet 5G Super Cepat

7 October
21:20 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Cisco meyakini bahwa peluncuran layanan jaringan internet 5G dapat meningkatkan pendapatan tahunan operator telekomunikasi Indonesia. Menurut studi Cisco, diperkirakan keuntungan operator telepon seluler  bisa mencapai 1,83 miliar Dolar Amerika (USD) di tahun 2025 mendatang.


Menurut Cisco, studi ini menekankan bahwa teknologi 5G memiliki sejunlah kelebihan jika dibandingkan dengan teknologi 4G. Kelebihan di antaranya 50 kali lebih cepat, 10 kali lebih responsif, dan daya konektivitas yang jauh lebih rendah.

"Peluncuran layanan 5G akan berperan besar dalam mempercepat digitalisasi bisnis dan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Indonesia. Dampak terbesar akan dirasakan sejumlah sektor utama seperti manufaktur dan jasa sebagai kontributor terbesar perekonomian secara keseluruhan," kata Managing Director Cisco Indonesia, Marina Kacaribu di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Dengan adanya teknologi 5G, peningkatan kecepatan, latensi rendah, dan konektivitas akan membantu operator telekomunikasi dalam menyelenggarakan koneksi internet super cepat.

Internet super cepat sangat dibutuhkan untuk streaming video berkualitas high-definition (HD), cloud gaming, serta konten interaktif berbasis augmented reality dan virtual reality (AR/VR) bagi pelanggannya.

Komersialisasi dari berbagai bentuk pemanfaatan teknologi 5G juga bisa dipercepat, seperti misalnya penyelenggaraan smart cities, industri 4.0, penyebaran Internet of Things (IoT) dan lainnya.

Dengan begitu, layanan operator telekomunikasi, khususnya di Indonesia dapat meningkatkan pendapatannya baik dari sisi konsumen maupun pendapatan dari klien perusahaan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00