• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Mahasiswa UTU Student Exchange dengan UMT

7 October
08:17 2019
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Universitas Teuku Umar (UTU) di Kabupaten Aceh Barat, mengadakan program pertukaran mahasiswa (Student exchage) dengan University Malaysia Terengganu (UMT) yang berlangsung sejak 5 - 15 Oktober 2019.

"Program ini dalam rangka meningkatkan kualitas akademik, menambah bekal serta memperkaya ilmu pengetahuan bagi mahasiswa," kata Rektor UTU Prof Jasman J Makruf, S.E. MBA, dalam pers rilis diterima RRI, Senin (7/10/2019).

Tahun 2019 ini, adalah tahun pertama pelaksanaan program student exchange, dimana sebanyak 12 mahasiswa Universitas Teuku Umar dari dua Fakultas yaitu FISIP dan Fakultas Ekonomi. 

Para mahasiswa tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh bagian kemahasiswaan dibawah koordinasi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni beberapa waktu lalu, mahasiswa tersebut di bagi empat kategori program. 

Tujuannya untuk mengenal langsung metode dan cara belajar di kampus kebanggaan Masyarakat Terengganu Malaysia. Dengan kegiatan ini mahasiswa UTU dapat merasakan perkuliahan berstandar internasional.

Selain mengikuti perkuliahan, mahasiswa UTU juga mendapatkan ilmu tentang berorganisasi kemahasiswaan yang dibimbing langsung oleh Poseso Klub merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa dalam bidang policy.

Mahasiswa UTU juga mengunjungi laboratorium dan perpustakaan, selama dua hari mahasiswa UTU didampingi mahasiswa UMT turun ke masyarakat untuk melihat kondisi kehidupan masyarakat Terengganu di kawasan pesisir berprofesi nelayan.

Delegasi UTU dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin, MA dan Wakil Dekan I FISIP, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si. 

Dalam sambutannya diacara jamuan rektor mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada bagian kemahasiswaan yang telah melakukan proses sosialisasi dan seleksi terhadap para mahasiswa yang mengikuti proses student  exchange.

Upaya pertukaran mahasiswa ini juga diharapkan mampu mendongkrak peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), rektor berpesan kepada para mahasiswa agar senantiasa menjaga nama baik almamater.

"Ceritakan kepada kawan-kawan Anda di Malaysia tentang bagaimana kondisi sosial dan budaya kita. Kemudian, jaga baik almamater dan tingkatkan kerjasama internasional lembaga UTU," ujar Prof. Jasman.

Ia meyakini dan percaya bahwa para mahasiswa yang mengikuti program student exchange ini sudah dibekali dan memiliki berbagai kemampuan terutama kemampuan berkomunikasi.

"Saya yakin, para mahasiswa yang mengikuti program ini sudah mumpuni berbahasa Inggris, dan mampu berkomunikasi dengan baik dan benar ketika melakukan proses pembelajaran di Terengganu," papar Rektor.

Rektor juga berharap para mahasiswa yang mengikuti program pertukaran ke luar negeri tahun 2019 ini dapat menyerap ilmu pengetahuan yang dapat diimplementasikan bagi kemajuan proses akademik di UTU nantinya.

Rombongan UTU disambut Oleh Dekan Fakulti Perniagaan, Ekonomi dan Pembangunan Sosial, UMT, Prof. Dr. Mohd Shaladdin bin Muda,  Ketua Program Polisi Dr. Zikri Muhammad dan Dr. Jumadil Putra.

Farina Islami, delegasi dari Himpnan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengungkapkan kebahagiaan tersendiri bisa menjadi duta UTU untuk kegiatan kuliah  ke luar negeri bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dari mahasiswa UMT.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00