• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Menpar RI Arif Yahya Buka Festival Karawo 2019 di Gorontalo

6 October
15:08 2019
1 Votes (5)

KBRN, Gorontalo : Pelaksanaan Festival Karawo 2019 berlangsung semarak. Ivent yang berlangsung sejak 2011 itu, dipadati masyarakat untuk menyaksikan parade busana karawo pada kegiatan berskala nasional tersebut.  

Seremoni acara berlangsung di depan Rumah Dinas Gubernur, Minggu (6/10/2019) dibuka Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arif Yahya dihadiri Wakil Gubernur Idris Rahim, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Budi Widhihartanto dan Bupati/Walikota se Indonesia.  

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya mengatakan, Festival Karawo sudah masuk dalam 100 calender of ivent  pariwisata nasional. Di Gorontalo baru dua ivent yang dimasukan dalam kalender pariwisata  nasional yaitu Festival Karawo dan Festival Pesona Danau Limboto.

“Tema Wonderful Celebes menurut saya sangat tepat seperti yang kita inginkan semangat yang sama yaitu Celebes Incorporeted dan sudah kita mulai bahwa untuk meningkatkan pariwisata di Gorontalo maka kita jadikan Sulut sebagai hubnya,” jelas Menpar Arif Yahya

Menpar RI juga menyampaikan kunci agar ivent pariwisata dapat masuk dalam kalender pariwisata nasional yaitu 3 C yakni Creative Value, Comercial Value dan Comitmen.

Sementara itu Wakil Gubernur Idris Rahim menyampaikan, karawo merupakan Heritage atau warisan leluhur sehingga kerajinan tangan sulaman karawo harus dilestarikan bersama. Pengembangan sektor pariwisata sangat tepat untuk menggerakan ekonomi Gorontalo yang saat ini masih didominasi anggaran pemerintah.

“Dengan dilaksanakan Festival Gorontalo, maka akan lebih menarik wistawan datang mengunjungi destinasi wisata. Untuk mengembangkan sektor pariwisata tidak mudah perlu sinergitas dan konektivitas dengan daerah lain,”sambungnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Budi Widhihartanto mengungkapkan Festival Karnaval Karawo memberi dampak pada peningkatan permintaan karawo. Karawo kini telah dikenal secara nasional.

“Pada IMF Meeting di Bali 2018  lalu, sulaman karawo menjadi seragam pada pertemuan itu,”imbuhnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00