• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Yuk, Manfaatkan Potensi Desa Jadi Tempat Wisata

6 October
10:51 2019
1 Votes (5)

KBRN, Redelong: Kabupaten Bener Meriah merupakan daerah pegunungan dan memilki udara yang sejuk. Sudah pasti, banyaknya pegunungan disekitarnya, menjadikan daerah tersebut memiliki banyak potensi wisata.

Camat Timang Gajah, Bener Meriah, Budi Nugroho menyampaikan bahwa hamper disetiap desa yang ada di Kecamatan Timang Gajah memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan dan dijual pada wisatawan. Maka dari itu, dirinya terus mengajak masyarakat sadar wisata, dengan melihat potensi desa yang dimilikinya.

“Paling kita tekankan untuk masyarakat itu adalah kesadaran akan wisata. Kalau Pemerintah Daerah (Pemda) saja itu saya kira enggak maksimal berjalan. Tapi kalau masyarakat sadar akan wisata, disitu ada potensi yang bisa dijadikan uang, itu ya mereka harus bagaimana menciptakan disitu suasana bersih dan nyaman, sehingga banyak yang berkunjung,” ujar Camat Timang Gajah, Bener Meriah, Budi Nugroho, Minggu (6/10/2019).

Diakui Camat Budi Nugroho, sejauh ini tempat wisata yang berdekatan dengan Kabupaten Bireun dan Aceh Tengah yang terkenal di Timang Gajah adalah pemandian air panas dan pendakian puncak gunung Burni Telong.

Camat Timang Gajah menyampaikan masih terdapat sejumlah potensi wisata yang mendukung untuk dua objek wisata  telah terkenal tersebut di atas, yakni coffe trip (mengarungi perkebunan kopi) dan objek wisata air terjun.

“Potensi wisata yang harus kita kembangkan. Kalau yang sudah ada di kawasan wisata Burni Telong. Kita masih mencoba pengembangan wisata coffe trip, ada dua desa. Kita masih petakan (objek wisata),” demikian Budi Nugroho.

Foto @ina_dyana (Instagram)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00