• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pao Sian Lin Kong Sumenep, Jaga Kerukunan dengan Kesenian

6 October
08:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sumenep : Mempertingati Makco Tian Shang Sheng Mu naik ke nirwana dikemas secara berbeda oleh pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD)/Klenteng Pao Sian Lin Kong Sumenep, Sabtu (5/10/2019) malam.

Dalam momen tersebut dipentaskan tari naga dan barongsai yang merupakan kesenian Cina digabung bersama seni tradisional lokal salah satunya tari muang sangkal, gandrung serta pencak silat.

Penggabunga kesenian itu bertujuan sebagai pesan untuk tetap menjaga kerukunan dan menguatkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah seorang pengurus TITD Pao Sian Lin Kong Sumenep Agus Wijaya mengatakan, menjaga keutuhan NKRI sangat penting dan wajib karena telah menjadi tanggung jawab bersama.

"Intinya kita ini prularisme. Keberagaman itu perlu kita lestarikan kita jaga bersama-sama. Jadi berbagai adat harus kita jaga," kata Agus Wijaya.

Menurutnya, meski Indonesa memiliki keberagaman suku, adat, bahasa dan keyakinan namun semuanya harus tetap menjadi satu dan tidak boleh terpecah belah.

"Kita berharap dan semoga adat yang kita pegang ini dapat memberikan kontribusi yang bagi terhadap Bangsa Indonesia," harapnya.

Pada momen mempertingati Makco Tian Shang Sheng Mu naik ke nirwana di Kabupaten Sumenep dihadiri sekitar 40 perwakilan TITD se Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung meriah ini juga menjadi daya tarik masyarakat Kabupaten Sumenep untuk kenyaksikan secara langsung setiap pertunjukan kesenian yang ditampilkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00