• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Reyog Jazz Ponorogo, Kolaborasi Alunan Jazz, Reyog dan Keindahan Telaga Ngebel

5 October
19:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta :  Ponorogo identik dengan kesenian tradisional Reyog-nya yang sudah mendunia.  Namun kali ini Ponorogo akan membuat terobosan dengan mengkolaborasikan musik Reyog dengan musik Jazz dalam event Reyog Jazz Ponorogo yang akan digelar pada 11-12 Oktober 2019 di Telaga Ngebel yang terletak di kaki gunung Wilis yang jaraknya sekira 30 kilometer dari pusat kota Ponorogo.

Karenanya, Reyog Jazz Ponorogo yang tahun ini merupakan tahun kedua setelah penyelenggaraan tahun pertama di tahun 2017, mengangkat tema ‘Reyog Jazz Ponorogo-Jazz Telaga di Atas Bukit’.

“Inilah keunikan Reyog Jazz Ponorogo tahun ini. Event ini menjadi sarana efektif untuk memperkenalkan Ponorogo melalui keindahan music jazz yang berpadu dengan keindahan telaga di atas bukit,” jelas Bupati Ponorogo Ipong Muchlisonni saat memberikan keterangannya di Jakarta pekan ini.

Melihat antusiasme pengunjung saat penyelenggaraan Reyog Jazz Ponorogo pertama dua tahun lalu, Ipong optimis pada penyelenggaraan tahun ini , Reyog Jazz Ponorogo juga akan diminati bukan hanya dari kalangan pecinta music jazz, tapi juga para wisatawan yang ingin melihat keindahan Telaga Ngebel yang berada di atas bukit. Ipong bahkan berencana menjadikan Reyog Jazz Ponorogo sebagai agenda tahunan.

“Saya berencana menjadi event ini sebagai agenda tahunan, selain untuk lebih mengenalkan seni Reyog dan music jazz pada semua elemen masyarakat, juga untuk menarik wisatawan datang ke Ponorogo,” ujar Ipong.

Sementara itu, Founder yang juga Festival Director Agus Setiawan Basuni mengatakan, “Keunikan musik Reyog yang berpadu dengan musik jazz yang digelar di telaga di atas bukit, menjadi tambahan agenda untaian jazz festival di Indonesia.”

Para musisi jazz yang akan mendukung  event ‘Jazz Telaga di Atas Bukit’ antara lain kelompok musisi Fariz RM Anthology yang terdiri dari Fariz Roestam Munaf, Adi Darmawan, Eddy Syakroni dan Iwan Wiradz. Sementara kolobarasi Reyog dan Jazz akan digelar oleh kelompok musisi lokal Ber6 dengan penari dan pemusik Reyog  dari Kampus Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sedangkan musisi jazz dari mancanegara yang akan tampil Yvon Thibeault (Kanada), Bennet Brandeis (Amerika Serikat), dan Gala Ga (Rusia, serta komunitas musik jazz dari Ponorogo.

Reyog Jazz Ponorogo juga tidak hanya sekedar menggelar pertunjukkan musik, tapi juga akan menyelenggarakan kegiatan edukasi seperti ‘Pojok Edukasi’ dan ‘Bersih-bersih Telaga Ngebel’yang bertujuan untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat maupun pengunjung agar lebih peduli lingkungan untuk mewujudkan less waste festival.

Event music jazz ini gratis, dan bagi pecinta music jazz yang ingin hadir bisa mengunduh undangan gratisnya di website www.ReyogJazz.com ()

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00