• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Meriahnya Pesta Rakyat Nusantara di Mesir

5 October
18:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kairo : Pesta Rakyat Nusantara memeriahkan perayaan HUT RI ke - 74 di Kairo, Mesir. Dalam rilis yang diterima redaksi RRI, Sabtu (5/10/2019) disebutkan, even yang diselenggarakan di gedung olahraga Nasir City Sporting Club Cairo itu dihelat oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kairo, Mesir.

Dalam pesta rakyat tersebut dihadirkan  berbagai produk kreatif Indonesia hasil kreasi pelajar dan masyarakat Indonesia di Mesir seperti kerajinan tangan, pakaian rajutan, sepatu sandal, dan aneka kuliner khas nusantara. Selain itu beberapa produk unggulan Indonesia juga turut dipromosikan antara lain kopi, teh, rempah-rempah, mie instan, arang batok kelapa, handicraft, dan lain sebagainya.

Tujuan destinasi wisata Indonesia juga turut dipromosikan, baik oleh KBRI maupun travel lokal yang turut berpartisipasi. Selain itu pergelaran tari tarian tradisional dan seni budaya Indonesia turut dipertunjukkan, serta acara talkshow masakan Indonesia bersama Celebrity Chef dan Jury Masterchef Indonesia, Rinrin Marinka. Pesta Rakyat diikuti oleh mayoritas pelajar dan mahasiswa, keluarga besar KBRI Cairo, warga dan diaspora Indonesia serta warga Mesir sahabat Indonesia.

Dubes RI di Kairo yang diwakilkan oleh Wakil Kepala Perwakilan RI, Muhamad Aji Surya, menyatakan pesta rakyat ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI ke-74 sebagai hari yang bersejarah bagi Indonesia, khususnya bagi masyarakat diaspora Indonesia di Mesir, mengingat hubungan sejarah yang kuat antara Indonesia dan Mesir bahkan sebelum Hari Kemerdekaan RI. Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia dan memberikan semangat kuat untuk melawan kolonial Belanda saat itu.

"Kita menyelenggarakan Pesta Rakyat ini untuk bersama-sama mengungkapkan rasa syukur atas karunia nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Bersama-sama berdoa agar sesama warga tetap menjaga persatuan dan kesatuan, mengisi pembangunan dengan giat memajukan kualitas hidup rakyat dan SDM unggul," ujar Aji Surya, Wakeppri/DCM KBRI Kairo.

Interaksi yang intensif antara masyarakat Indonesia dan Mesir telah memberikan makna tersendiri bagi perkembangan hubungan kedua negara. Hal ini terbukti dengan adanya kerja sama saling dukung di berbagai organisasi internasional dan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kerja sama antara Indonesia dan Mesir. Kerja sama ini terus ditindaklanjuti dengan adanya kunjungan pejabat tinggi dan partisipasi dalam berbagai forum dan event internasional baik yang diselenggarakan di Indonesia maupun Mesir.

Dalam bidang perdagangan, Mesir merupakan salah satu mitra dagang non-tradisional bagi Indonesia. Neraca perdagangan RI-Mesir dalam 5 tahun terakhir selalu mencatat tren positif berkisar antara USD 1,2-1,5 miliar. Mesir merupakan salah satu negara tujuan outward investment bagi Indonesia. Total nilai investasi Indonesia di Mesir hingga tahun 2018 mencapai USD 120 juta. Sedangkan nilai investasi Mesir di Indonesia selama periode 2013-2018 tercatat sebanyak 47 proyek dengan nilai investasi sebesar USD 4,9 Juta. Di sektor pariwisata, jumlah wisatawan Mesir yang berkunjung ke Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun terakhir mencatat tren cukup positif. Pada tahun 2018, jumlah wisatawan Mesir yang berkunjung ke Indonesia mencapai 18.076 orang.

Acara Pesta Rakyat dimeriahkan dengan pertunjukan musik band mahasiswa Mesir, permainan angklung, tari-tarian nusantara seperti gandrang bolo dari Sulawesi Selatan, Tari Zapin dari Sumatera Utara, Rampak Bedug dari Banten, Rampai Geleng dari Aceh yang dibawakan warga pelajar Indonesia di Mesir. Selain itu, Pesta Rakyat juga dimeriahkan dengan berbagai stan bernuansa kebudayaan yang dilakukan secara swadaya dari 16 kekeluargaan dan paguyuban nusantara, dan beberapa warung makan Indonesia yang ikut meramaikan bazar kuliner.

Pada stan dan bazar kuliner terdapat makanan khas Nusantara seperti Sate ayam, sate padang, mie aceh, batagor, Ayam geprek, gado-gado, bakso, dadar gulung, bakso tusuk, nasi goreng, mie ayam dan nasi padang, serta makanan ringan dan juga kopi khas Indonesia.

Selain itu, turut meramaikan Pesta Rakyat ini, stand produk penyedap rasa "Sasa" yang menjadi sponsor utama bagi terselenggaranya kegiatan. Makanan-makanan pun laris diserbu para pengunjung untuk mengobati rasa rindu terhadap masakan Tanah Air. 

Pesta Rakyat dimeriahkan juga dengan talk show Chef Marinka yang dipandu oleh Syamsu Alam, Staf KBRI Cairo yang membahas seputar makanan murah, sehat dan bergizi, Healthiest Foods to Eat Every Day yang mendapat respons antusias dari para hadirin. 

Irman Adi Purwanto Moefthi, Atase Perdagangan KBRI Cairo Selaku Penanggung Jawab Acara berharap Pesta Rakyat yang baru digelar kembali setelah 9 tahun vakum ini dapat menghibur warga Indonesia yang ada di Cairo dan sekitarnya, serta menjadikan KBRI Cairo sebagai rumah bagi seluruh putra-putri bangsa Indonesia yang bermukim di Mesir.

"Sesuai tema HUT RI ke-74, SDM Unggul Indonesia Maju diharapkan pesta rakyat ini dapat menjadi wadah yang mempersatukan semua elemen masyarakat dan kekeluargaan serta diaspora yang ada di Mesir, dengan mengisi berbagai kegiatan kreatif dan positif mempromosikan produk-produk Indonesia, hasil kerajinan dan kreativitas warga Indonesia di Mesir, menjajakan ragam kuliner Indonesia dan mempertunjukkan aneka kesenian dan kebudayaan tanah air. Melalui Pesta Rakyat Nusantara ini tidak hanya menghibur, tapi juga dapat memupuk persaudaraan sebangsa dan setanah air. KBRI Cairo adalah rumah kita semua, dan kita harapkan pagelaran pesta rakyat ini dapat kita laksanakan setiap tahunnya di masa-masa mendatang," ungkap Irman Adi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00