• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Masuki Era Industri 4.0, Unsoed Luncurkan Pembelajaran Daring

1 October
19:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto : Memasuki era industri 4.0 yang semuanya berbasis teknologi informasi, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) meluncurkan pembelajaran dalam jaringan atau Daring.

Peluncuran pembelajaran daring yang diresmikan oleh Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto, MS itu dihadiri oleh dosen dan mahasiswa di gedung Rektorat Pusat Unsoed, Purwokerto, Selasa (1/10/2019).

Seusai peluncuran, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsoed, Ir. Suprayogi, M.Sc, PH.D menjelaskan, secara teknis, pihaknya sudah siap baik dari segi sistem maupun perangkat sumber daya untuk mengawal bagi para dosen dan mahasiswa yang tidak begitu paham mengenai teknologi informasi.

Namun, Suprayogi menyoroti beberapa hal yang harus dimaklumi yaitu tidak semua dosen terutama yang mungkin sudah senior itu tidak paham atau terbiasa bekerja dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

”Tapi itu bisa kami fasilitasi, kami bantu semuanya untuk mengembangkan kontennya. Yang harus hati-hati dari pembelajaran daring ini nantinya kalau dikembangkan betul, tidak mudah sebenarnya. karena membutuhkan para pembelajar mahasiswa yang kemampuan belajarnya mandirinya tinggi kemudian dewasa," terangnya kepada RRI.

Menurut dia, kalau mahasiswanya tidak memiliki kemampuan mandiri dan dewasa, sistem pembelajaran daring yang tidak termonitor itu dikhawatirkan capaian belajarnya tidak tercapai.

”Karena  e-learning ini adalah hanya sebagai alat saja. Bahwa capaian pembelajaran itu harus dipastikan tercapai. Dan ini tidak bisa dimonitor karena memang betul dilepas, dosen hanya menyiapkan materi dengan berbagai caranya walaupun tentu saja dosen tetap akan berperan kalau kontennya tidak menarik juga dosen mahasiswa bosan," jelas Suprayogi. 

Karena itu, ia menambahkan, selain membutuhkan sikap kemandirian dan kedewasaan mahasiswa, dari sisi dosen pun harus mampu mengembangkan materi yang menarik.

"Tanpa dosen menyiapkan materi, google sudah menyiapkan pembelajaran jauh lebih banyak," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00