• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Sayur - Mayur di Kabupaten Bangka Stabil

30 September
21:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sungailiat : Harga sayur mayur di pasar kite Sungailiat, Kabupaten Bangka, untuk saat ini masih terpantau normal.

Pipin salah satu pedagang sayur mayur di pasar itu mengatakan, untuk saat ini harga sayur mayur masih relatif stabil, bahkan ada beberapa jenis sayuran yang mengalami penurunan harga. Diantaranya bawang merah yang berada di kisaran Rp.18.000 - 20.000/kg dari sebelumnya sekitar Rp. 30.000 an, kemudian untuk cabai merah panjang berada di kisaran Rp.38.000 - 40.000/kg setelah sebelumnya pada bulan lalu berada di harga Rp. 80.000 an.

"Untuk bawang dan cabai turunnya karena saat ini stok sedang melimpah, tetapi secara keseluruhan harga sayur-mayur masih stabil, walaupun saat ini musim kemarau cukup panjang namun untuk stok saya rasa masih aman lah, karena pengiriman dari luar daerah juga masih cukup lancar tanpa ada kendala," ucapnya, Senin (30/9/2019).

Dikatakan Pipin, untuk saat ini kendala yang dialami oleh para pedagang adalah turunnya daya beli masyarakat, menurutnya hal itu dikarenakan kondisi ekonomi di Provinsi Babel yang kurang menjanjikan.

"Menurut saya ini diakibatkan juga anjloknya harga komoditas pertanian di Babel seperti lada, sawit dan karet, kemudian juga sektor pertambangan timah yang semakin lesu, sehingga hal ini mengurangi pendapatan masyarakat dan ber- akibat terhadap turunnya daya beli," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengharapkan, agar pasokan sayur mayur seperti cabai dari luar daerah dapat dikurangi, karena jika berlebihan akan berdampak terhadap pasokan dari daerah lokal yang tidak laku dipasaran, sehingga dikhawatirkan akan membuat harga menjadi tidak stabil.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00