• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Hari Ini, Tim SAR Gabungan Evakuasi Pesawat Twin Otter

23 September
08:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Empat Personel anggota Basarnas diterjunkan ke lokasi jatuhnya pesawat Twin Otter HDC6 PK CDC seri 400 di pegunungan Mamontaga Kabupaten Mimika. 

Tim SAR gabungan akan melakukan evakuasi korban pagi ini. 4 Personel anggota Basarnas Mimika turun ke lokasi pada Senin (23/9/2019) sekitar pukul 06.30 WIT. Dari Mimika, tim diterbangkan ke kabupaten Ilaga.

Dari Ilaga tim akan melanjutkan penerbangan dengan menggunakan helikopter menuju posko di Mamontaga. Dari Mamontaga tim akan bergerak menuju kelokasi kejadian dengan menggunakan helikopter untuk selanjutnya melakukan evakuasi.

Kapemdam XVII/Cenderawasih, Letkol CPL Eko Daryanto mengatakan bahwa hari ini tim SAR gabungan akan fokus mencari puing pesawat yang telah diduga pesawat Twin Otter.

"Untuk masalah temuan diduga puing bagian dari pesawat twin pada 18 september yang lalu itu baru dugaan, karena dari jarak jauh terlihat memang ada puing itu. Untuk posisi koordinat sesuai dengan rute yang dilalui oleh twin otter tersebut. Namun perlu dipastikan lagi," katanya kepada RRI, Senin (23/9/2019).

"Hari ini akan dilakukan lagi disekitar karena sudah terspesifikasi, ada puing tersebut yang diduga di 10 km di wilayah kurang lebih Kampung Mamontoga, Distrik Hoeya, Kabupaten Mimika, Papua, lebih spesifik lagi hari ini akan dilakukan peninjauan ulang untuk memastikan bahwa puing tersebut bagian dari pesawat twin otter," sambungnya.

Kepala Operasi dan Siaga SAR Mimika, Syahril juga mengatakan tim akan fokus pada evakuasi korban dan pencarian kotak hitam dan FDR milik pesawat.

"Kita akan fokus pada, korban, kotak hitam dan FDR, kalau memungkin barang-barang lain yang di angap penting," kata Syahril dalam keterangan.

Ia mengungkapkan, dari ilaga tim akan melanjutkan penerbangan dengan menggunakan helikopter menuju posko di Mamontaga. Dari Mamontaga tim akan bergerak menuju kelokasi kejadian dengan menggunakan helikopter untuk selanjutnya melakukan evakuasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00