• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BPBD: Kualitas Udara Kaltim Membaik, Pesawat Sudah Bisa Mendarat

23 September
02:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kualitas udara di wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kini berangsur-angsur membaik. Lalu lintas pesawat udara komersial pun kini bisa mendarat dengan normal kembali.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim, Frederik Bid mengakui bahwa beberapa hari terakhir, akibat pekatnya kabut asap, sempat terjadi pengalihan penerbangan pesawat menuju Samarinda. Namun saat ini, kondisinya sudah membaik, pesawat pun bisa turun disana lagi.

"Kondisi Kalimantan Timur saat ini, kabut asap sudah membaik, pesawat juga sudah bisa turun, tadinya hanya bisa turun dua hari yang lalu di Balikpapan, sekarang sudah bisa turun kembali di Samarinda mulai pagi sampai sore. Awan sudah biru kelihatan," ungkapnya kepada Radio Republik Indonesia, Senin (23/9/2019) dini hari.

Maka dari itu, diimbaunya semua pihak, termasuk pihak pemerintah daerah, termasuk masyarakat untuk sama-sama menjaga kualitas udara disana. 

"Kita imbau kepada rakyat untuk mempertahankan situasi ini dan juga teman-teman yang ada di lokasi dimana saja berada, pihak kabupaten kota untuk bertugas dengan baik," pungkasnya.

Perlu diketahui, sejak Sabtu (14/9/2019) hingga Selasa (17/9/2019), telah terjadi pengalihan penerbangan di dua bandara di Kaltim. Pengalihan penerbangan itu karena dua bandara, Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Kalimaru, Berau mengalami dampak kabut asap. Penerbangan menuju kedua bandara itupun dialihkan ke Sepingan. Akibat pengalihan itu, setidaknya ada 1.500 penumpang yang penerbangannya dialihkan, ditunda dan delay.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00