• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Kampar Mencekam, Api Ancam Permukiman, Satgas Karhutla Lembur

22 September
21:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau mempersiapkan peralatan pemadaman api untuk menanggulangi kebakaran lahan gambut yang mulai mendekati rumah warga di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (22/9/2019). 

Kebakaran lahan yang meluas dan mulai mengancam permukiman penduduk di kawasan tersebut membuat petugas terus melakukan upaya pemadaman hingga malam hari. Petugas juga nampak melakukan persiapan untuk sebuah operasi penanggulangan panjang, diduga sudah dikondisikan takkan berhenti hingga esok hari, Senin, 23 September 2019. 

Benar saja, hingga malam ini, puluhan petugas Satgas Karhutla Riau dikabarkan masih berjibaku dengan api dan kepungan asap di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar. Mereka tidak ingin nantinya api masuk melahap rumah penduduk satu persatu.

BACA JUGA: Pembakar Lahan Jambi Ternyata Ada Warga Kampar Riau

Api yang membakar lahan gambut di sana nampak berada di beberapa titik, sehingga petugas dibagi dalam beberapa grup dalam penanganannya. Sementara sumber air sudah disiapkan dan terus diisi agar nantinya pemadaman tidak terhenti walau sesaat.

Beberapa titik api berhasil dijinakkan, namun seperti pengalaman sebelumnya, di bawah bekas titik api, masih bersemayam titik panas yang sewaktu-waktu bisa berubah dan menyala sebagai titik api baru.

Sampai berita ini diturunkan, suasana Desa Rimbo Panjang mencekam akibat Karhutla. Namun petugas Satgas Karhutla Riau terus berjuang mencegah api masuk ke permukiman warga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00