• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Jurnalis Peduli Asap: Tangkap dan Adili Perusahaan Pembakar Lahan!

22 September
20:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ratusan wartawan dari berbagai media cetak, online, televisi dan radio yang tergabung dalam 'Mata Rantai Jurnalis Indonesia' menuntut aparat hukum untuk segera menyeret perusahaan yang ditengarai melakukan pembakaran hutan dan lahan di negeri ini.

Hal itu mereka suarakan dalam aksi unjuk rasa simpatik bagi para korban asap yang dilakukan di sela-sela Car Free Day (CFD), Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2019). Kegiatan itu bertajuk 'Aksi Sejuta Masker Jurnalis Peduli Asap'.

Koordinator Aksi, Riman Wahyudi menjelaskan, kegiatan yang berwujud penggalangan dana itu untuk membantu para korban asap.

"Penggalangan dana ini kita maksudkan untuk membantu para korban asap di berbagai wilayah seperti Riau, Jambi, Sumsel dan Kalimantan," jelas Riman di lokasi.

Lebih lanjut Riman mengatakan, karhutla di Kalimantan dan Sumatera berdampak signifikan bagi kesehatan masyarakat. Sebab ada lebih dari 27 ribu orang di Palangkaraya dan Jambi menderita infeksi saluran pernapasan (ISPA). 

"Untuk itulah Mata Rantai Jurnalis yang tergabung dari semua media baik televisi, online, cetak, foto dan radio melakukan penggalangan dana ini," jelasnya.

Hasil penggalangan dana ini kata Riman, akan digunakan untuk membeli masker N9 dan diberikan kepada korban yang terdampak asap di daerah.

Tak lupa, Riman pun mendesak para penegak hukum untuk menyeret para pelaku pembakaran hutan, termasuk perusahaan-perusahaan nakal untuk diseret ke meja hukum.

"Aksi ngamen #aksisejutamasker ini juga mendesak pemerintah untuk mengembalikan udara segar bagi mereka yang terdampak asap," tegasnya.

"Kembalikan matahari mereka. Kembalikan keceriaan mereka. Tangkap dan adili pelaku, pengusaha pembakaran karhutla tanpa pandang bulu," pungkasnya.

Selain jurnalis, hadir dalam penggalangan dana ini beberapa musisi band Indonesia diantaranya Sang Alang, Ricky elpamas, Ryo domara voc, Iram ucamp gitaris, Rere Gressrock, dan lain-lain. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00