• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Penerapan Tilang Elektronik di Tol, Polda Metro: Pro Kontra Hal Biasa!

22 September
19:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Penerapan tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di ruas tol dalam Kota Jakarta yang dikelola oleh PT Jasa Marga pada bulan Oktober nanti tidak hanya bertujuan untuk menjaga ketertiban berlalu lintas, tapi juga keselamatan bagi semua pengguna jalan tol.

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, pro dan kontra mengenai sebuah aturan  baru yang akan diterapkan merupakan hal yang biasa.

"Kalau masalah setuju dan tidak setuju itu biasa. Antara pro dan kontra biasa, yang penting nanti kan kita lihat seberapa manfaat dari pada penerapan ini," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Minggu (22/9/2019).

"Kita membuat suatu aturan penegakan hukum tujuannya adalah untuk keselamatan bersama. Bukan hanya keselamatan dari pengemudi yang melanggar, tapi pengguna jalan lain juga harus kita perhatikan. Disamping selamat, aman dan lancar. Jadi tidak macet karena tertib semua," lanjutnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pada minggu pertama bulan Oktober nanti, pihaknya akan melakukan MoU dengan pihak Jasa Marga. Setelah itu, mereka akan mulai melakukan penyetingan atas peralatan yang diperlukan dalam penegakan hukum tersebut, diantaranya memasang kamera CCTV di beberapa titik, untuk kemudian diterapkan dan dilakukan penindakan. Pada akhirnya, aturan itu pun akan dievaluasi untuk dilihat kebermanfaatannya bagi keamanan, ketertiban, dan keselamatan berlalu lintas.

"Kalau memang ini bermanfaat hasil kajian dan evaluasi, berarti kita akan teruskan, kita lanjutkan maupun kita tingkatkan. Kalau memang tidak ada manfaatnya, nanti sesuai dengan evaluasi ya kita alihkan ke kegiatan yang lain," ujarnya. 

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00