• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Polda Sultra Petakan 4 Daerah Rawan Karhutla

22 September
18:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendari: Jajaran Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini sudah memetakan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, yakni Konawe Selatan (Konsel), Bombana, Kolaka Timur (Koltim) dan Buton Utara (Butur).

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhart mengungkapkan, Kepolisian sudah bersinergi dengan lembaga klimatologi, untuk memetakan daerah rawan karhutla sebagai upaya pencegahan dan mengatasi musibah kebakaran yang mengancam habitat tanaman maupun hewan.

“Jajaran Polda Sultra perlu memiliki data dan informasi tentang daerah rawan kebakaran, sebagai bahan pengambilan tindak pencegahan maupun mengatasi musibah kebakaran yang mengancam keselamatan dan kesehatan masyarakat,” jelas Harry Goldenhart, Minggu (22/09/2019).

Pihak yang berperan dalam mencegah bencana Karhutla adalah satuan Manggala Agni Daops Tinanggea di Konsel, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Dinas Kehutanan dan elemen potensi mitigasi bencana lainnya.

Kemarau panjang yang melanda daerah Sultra empat bulan terakhir, menyebabkan kebakaran lahan seluas 250 hektare di Kabupaten Koltim, puluhan hektare di Kabupaten Butur serta Konsel. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00