• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Langit Jambi Memerah, Ini Penjelasan BMKG

22 September
18:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Langit merah yang terjadi di Provinsi Jambi terjadi karena abu hasil kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di provinsi tetangga, Sumatera Selatan.

Deputi I Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo menjelaskan, kondisi itu terjadi karena angin membawa partikel abu hasil karhutla ke Jambi. Abu tersebut kemudian merefleksikan sinar matahari yang melalui. Akibatnya, warna langit pun menjadi memerah. Kondisi itu pun terjadi karena uap air di atas Jambi masih tergolong sedikit.

"Jadi kemungkinan ini merupakan kiriman debu-debu halus akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera Selatan, kemudian menyeberang ke Jambi," jelasnya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Minggu (22/9/2019).

Perlu diketahui, dilaporkan langit merah di Jambi berlangsung cukup lama. Yakni dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Terkait lamanya fenomena alam itu, Mulyono bilang tergantung pada banyaknya partikel yang mengambang di udara.

"Ini tergantung dari luasan kumpulan partikel halus yang meliputi langit Jambi dan posisi matahari," pungkasnya. (Foto: Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00