• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Diduga Kurang Edukasi, Anak-Anak Main Bola Menembus Asap

21 September
23:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Diduga akibat kurang sosialisasi dan edukasi, sejumlah murid sekolah dasar tetap memilih bermain bola di tengah kabut asap Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (21/9/2019).

Mirisnya, mereka terus berlarian kian kemari mengejar si kulit bundar di lapangan terbuka tanpa mengenakan masker pelindung pernafasan. Mungkin asap belum terlalu tebal dan pekat, akan tetapi dengan intensitas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi, sepertinya Pemerintah Daerah harus lebih aktif mengawasi warganya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat telah mengeluarkan surat edaran pada kabupaten/kota untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan karena kabut asap kiriman dari selatan dan tenggara Sumatera.

Selain asap kiriman, Kota Padang juga terancam kabutr asap akibat Karhutla yang kerap terjadi belakangan ini. Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, dalam sepekan terakhir hampir setiap hari terjadi kebakaran lahan di kota itu. 

Seperti hari ini, petugas dikabarkan sempat berjibaku keras saat memadamkan lahan yang terbakar di kawasan Aia Pacah, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (21/9/2019). 

Api yang berkobar dan terbawa angin ke kiri dan kanan sempat membuat petugas kesulitan. Tak boleh lengah atau terhenti sedikitpun dalam melakukan penyiraman air ke area lahan yang terbakar. Jika lengah, petugas bisa terjilat api yang terbawa angin. Dan apabila terhenti pemadaman, api berpotensi menyebar dan membakar permukiman penduduk yang tak jauh dari lokasi kebakaran lahan.

Akibat kebakaran lahan yang terus menerus terjadi, kabut asap sudah mulai menyebar dan berpotensi menggerus kualitas udara. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00