• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

KPPPA Ajak Para Orang Tua Konsultasi di PUSPAGA

21 September
20:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Asisten Deputi Bidang Pengasuhan, Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Rohika Kurniadi Sari mengajak para orang tua dan calon orang tua untuk berkonsultasi terkait pola asuh dan tumbuh kembang anak ke Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA).

"Menjadi orang tua di zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih berat daripada menjadi orang tua di zaman dahulu. Hal ini karena adanya perubahan lingkungan dan kemajuan teknologi yang begitu cepat. Oleh karenanya, orang tua saat ini harus lebih memahami pola asuh dan tumbuh kembang anak," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima RRI, Sabtu (21/9/2019).

Menurutnya PUSPAGA Balikpapan dapat menjadi contoh yang baik, PUSPAGA Balikpapan merupakan PUSPAGA terbaik ke-3 Nasional. 

PUSPAGA ini dibentuk pada Oktober 2016 saat Kemen PPPA menjadikan Balikpapan sebagai salah satu kabupaten/kota pilot project untuk layanan PUSPAGA. PUSPAGA ini juga dikelola oleh 2 psikolog yang telah memiliki sertifikasi.

Salah satu psikolog PUSPAGA Balikpapan, Dian Lestasi menceritakan bahwa fungsi PUSPAGA selain sebagai layanan pencegahan, juga berperan sebagai penghubung antara masyarakat dengan sistem layanan pemerintahan.

“Langkah awal alur pelayanan kami adalah ketika klien datang dan terlebih dahulu melakukan janji temu atau insidental, bahkan ada yang membawa laporan. Setelah melakukan janji temu, lalu dilakukan sesi konseling awal. Dari sesi konseling awal dapat diketahui, jika permasalahan tersebut merupakan kasus atau melampaui wewenang, tugas dan fungsi PUSPAGA, maka kami akan melakukan rujukan dan koordinasi dengan jejaring kami," detailnya.

Ia mengatakan bahwa jenis aduan konsultasi yang ditangani PUSPAGA Balikpapan beragam setiap tahunnya. Pada 2017 mayoritas kasus yang ditangani adalah perundungan, pelecehan seksual, dan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). 

"Pada 2018 lebih kepada pola asuh anak atau anak yang kecanduan game online dan pornografi. Pada 2019 sudah mulai banyak orang tua yang aktif mencari informasi terkait pola asuh anak dan terkait proses adopsi anak, utamanya dalam mempersiapkan keluarga baru," katanya.

PUSPAGA Balikpapan, katanya, juga melakukan penyuluhan di Kantor Urusan Agama (KUA) bagi calon pengantin terkait pola asuh anak. Selain itu, penyuluhan terkait parenting bagi warga binaan perempuan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang mayoritas adalah orang tua tunggal. 

"Hal ini dilakukan agar ketika mereka kembali ke masyarakat, mereka tidak mengulang kesalahan mereka kembali, utamanya terkait kasus penyalahgunaan narkotika," tutupnya.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00