• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pasanggiri Jaipong Galuh Pakuan III Tingkat Jabar 2019 Resmi Dibuka

21 September
15:23 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Pembukaan Pasanggiri Jaipong Galuh Pakuan Seri III Tingkat Jawa Barat 2019, di buka oleh Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, didampingi Ketua Pelaksana Ratu Agung LAK Galuh Pakuan Indung Budak Noviyanti Maulani, dan Staf Ahli Presiden Bidang Komunikasi Politik dan Kebudayaan Ariani Djalal, di Aula Pemkab Subang, Sabtu (21/9/2019).

Pasanggiri Jaipong Galuh Pakuan Seri III Tingkat Jawa Barat yang diikuti oleh 350 peserta dengan melibatkan 500 penari dari 26 Sanggar Tari dari Jawa Barat dan Banten, dengan 5 katagori perlombaan, Tunggal Anak Kelas 1 sampai dengan 3 SD, Tunggal Anak Kelas 4 sampai dengan 6 SD, Tunggal Remaja, Rampak Anak, dan Rampak Remaja, yang memperebutkan total hadiah Rp75 juta.

Trophy bergilir dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, dan piala tetap Raja LAK Galuh Pakuan dan Bupati Subang. Ketua Panitia Penyelenggara Pasanggiri Jaipong Galuh Pakuan Seri III Tingkat Jabar 2019 Noviyanti mengatakan, pasanggiri jaipong digelar selama 2 hari mulai Sabtu (21/9/2019) dan Minggu (22/9/2019) besok.

"Alhamdulillah peserta pasanggiri ini cukup penomenal, untuk tingkat Jabar, dengan peserta 350 orang dengan 500 orang penari, dari 26 Sanggar Tari dari Jabar dan Banten," ungkap Noviyanti kepada wartawan di Subang.

Animo peserta pasanggiri yang membludak ini kata Novinati, karena tertarik dengan total hadiah yang mencapai Rp75 juta, dan ini baru yang pertama di Jawa Barat dengan hadiah sebesar ini, termasuk Piala dan sertifikat dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, yang menjadi daya tarik para peserta.

"Sertifikat yang ditandatangani Bupati Subang, Raja Galuh Pakuan, piala pasanggiri, piala tetap Raja Galuh Pakuan untuk juara I katagori tunggal, piala tetap Bupati Subang untuk juara I katagori Kelompok Remaja, dan piala Dirjen Kebudayaan untuk sanggar yang menyabet juara umum dari 5 katagori yang dilombakan," terangnya.

Lebih lanjut Noviyanti menyatakan, untuk total hadiah Rp75 juta di Pasanggiri Jaipong Galuh Pakuan Seri III tingkat Jabar 2019 ini, untuk juara tunggal anak kelas 1 s/d 3 SD dan tunggal anak kelas 4 s/d 6 SD, serta Rampak Anak dan Rampak Remaja masing-masing untuk juara I Rp5 juta, juara II Rp3,5 juta, dan juara III Rp2 juta, serta juara harapan I, II dan III maaing-masing sebesar Rp1 juta, sedangkan untuk juara Tunggal Remaja Juara I Rp10 juta, juara II Rp5 juta dan juara III Rp3 juta sedangkan untuk juara harapan I, II dan III maaing-masing Rp1 juta.

Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi dalam sambutannya menyatakan, pasanggiri jaipong Galuh Pakuan Seri III Tingkat Jawa Barat ini, sebelumnya untuk pasinggiri I dan II sudah digelar pada tahun 2017 dqn 2018 lalu tingkat Kabupaten Subang, dengan total hadiah sebesar Rp50 juta.

"Ya saya harapkan, pasanggiri jaipong Galuh Pakuan seri-seri berikutnya tingkat jabar, bisa digelar setiap tahun di Subang, dengan total hadiah yang lebih besar lagi," singkat Evi.

Staf Ahli Presiden Bidang Komunikasi Politik dan Kebudayaan Ariani Djalal menyampaikan, atas nama Presiden Jokowi menyampaikan salam kepada seluruh peserta pasanggiri, Pemerintah sangat mendukung pasanggiri jaipong ini sebagai upaya pelestarian seni dan budaya Sunda yang dilakukan oleh LAK Galuh Pakuan.

"Saya mewakili Pemerintah, sangat mendukung upaya-upaya pelestarian seni dan budaya, seperti yang dilakukan LAK Galuh Pakuan berupa pasanggiri jaipong ini," kata Ariani.

Acara pembukaan Pasanggir Jaipong Galuh Pakuan Seri III Tingkat Jawa Barat 2019 nampak dihadiri, sejumlah Bidayawan dan seniman Sunda dari tingkat Jawa Barat, perwakilan Bupati Subang, yang mewakili Dandim 0605 Subang, Kapolres Subang, dan yang mewakili Danlanud Suryadarma Kalijati.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00