• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Kemenkominfo dan KLHK Siapkan Media Center Penanggulangan Karhutla

21 September
15:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan membentuk media center kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritimam (IKPM) Kemenkominfo, Septriana Tangkary mengatakan, rencananya, media center karhutla mulai efektif beroperasi sejak tanggal 23 sampai 30 September 2019. Media center itu bertempat di kantor KLHK, Jakarta.

"Dalam upaya penanggulangan karhutla perlu sinergi antar kementerian dan lembaga. Untuk menyampaikan informasi penanggulangan karhutla dengan narasi yang tepat serta dikemas secara humanis ke publik," jelasnya di Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Terkait dengan rencana pembentukan media center penanggulangan karhutla, Septriana mengungkapkan, Kemenkominfo akan mendukung dengan menyiapkan konten serta strategi komunikasi lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono mengaku sangat mendukung sinergi pemberitaan karhutla yang dikoordinasikan oleh Direktorat IKPM Kementerian Kominfo tersebut.

Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi, menekankan, pemerintah Indonesia selalu berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan hidup. Oleh sebab itu, KLHK juga telah menyiapkan data maupun kebutuhan informasi lainnya tentang penanggulangan karhutla di media center.

Djati pun menyambut antusias dukungan Kemenkominfo mengenai distribusi konten informasi berbahasa Inggris untuk menyampaikan upaya pemerintah menanggulangi karhutla 

"Agar dunia internasional semua mengetahui tentang komitmen pemerintah terhadap lingkungan hidup," imbuh Djati.

Lebih lanjut Djati berharap, melalui sinergi informasi media center kedua kementerian, dapat memberikan hasil nyata capaian dilakukan pemerintah dalam penanggulangan karhutla.

Selain itu, pihak Kemenkominfo juga telah mengunjungi dan memantau intelligence center KLHK yang merupakan pusat pengawasan (monitoring) penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan, termasuk titip api atau karhutla. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00