• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Atasi Kelangkaan BBM, SPBU Mahakam Ulu Hanya Mampu Sediakan 6 Drum Premium Perhari

21 September
14:03 2019
2 Votes (5)

KBRN, Mahulu : Fenomena langkanya Bahan Bakar Minyak di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur akan nampak ketika musim kemarau tiba. Hal tersebut selalu terjadi akibat surutnya sungai Mahakam yang membuat kapal pengangkut BBM ke wilayah itu terhambat.

Sebagai upaya pencegahan hilangnya peredaran minyak di wilayah perbatasan itu, pihak SPBU lakukan proses pengiriman melalui jalur darat, dari kapal bermuatan berbagai jenis BBM di Kabupaten Kutai Barat, yang merupakan batas kemampuan perjalanan armada tersebut.

“Kami berusaha membawa minyak ke daerah ini lewat darat, dengan menggunakan pick up. Karena keterbatasan unit dan kondisi jalan yang belum memadai, kami hanya mampu distribusikan 6 (enam) drum setiap hari dengan waktu tempuh sepuluh jam,” ujar Musa Sanjaya, Pengelola SPBU Mahulu, Sabtu (21/9/2019).

Dibandingkan jumlah penduduk setempat, 1.200 liter bensin tentu tidak mencukupi untuk menutupi kebutuhan masyarakat. Terbukti hanya dalam tempo dua jam saja, sejumlah premium tersebut habis diserbu warga. Meskipun telah dibatasi pihak pengelola dengan maksimal pembelian Rp50.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp100.000 bagi kendaraan roda empat.

“Dengan metode pengangkutan mandiri melalui jalur darat tersebut, dapat menghemat biaya pengiriman. Sehingga BBM satu harga untuk masyarakat masih terus dapat dipertahankan, meskipun dalam jumlah yang terbatas,” kata Musa.

Terkadang pada waktu tertentu, terdapat pedagang eceran yang menjual bensin di pinggir jalan secara musiman. Karena faktor kelangkaan itu, harga bensin bisa mencapai Rp25.000 per liter di Ibukota Kabupaten Ujoh Bilang, Mahakam Ulu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00