• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Para Alumnus Terus Dorong Unsoed Tingkatkan Ekonomi Perdesaan

21 September
13:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto : Para Alumnus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang sedang berkumpul di Kota Purwokerto untuk menghadiri reuni akbar sekaligus Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 guna memilih Ketuanya yang baru, Sabtu (21/9/2019), berharap perguruan tinggi negeri tersebut terus berkiprah dalam peningkatan ekonomi pedesaan.

Pemberdayaan dan Peningkatan perekonomian pedesaan yang sesuai dengan visinya yaitu Universitas berkelas dunia yang unggul dalam penguasaan Iptek dan Seni yang relevan dengan pengembangan sumberdaya perdesaan yang berkelanjutan serta penggalian dan pemanfaatan kearifan lokal akan menjadi keunikan
tersendiri bagi perguruan tinggi negeri itu.

Ketua Keluarga Alumni Unsoed periode 2011-2015 dan 2015-2019, Haiban Hadjid mengatakan, selama dua periode kepengurusan KA Unsoed itu, pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi kepada sesama alumni, kampus dan masyarakat luas.

"Ya  kita ada beberapa bidang, ada bidang pengabdian masyarakat, ada bidang pembinaan alumni, ada bidang organisasi, kemudian ada networking, kemudian kontribusi terhadap kampus sendiri juga ada, jadi itu ada banyak,” ungkapnya kepada RRI di sela-sela kegiatan Munas di Purwokerto, Sabtu (21/9/2019).

Sedangkan Imam Sudiyono yang juga salah satu pengurus KA Unsoed periode sebelumnya menjelaskan, karena Unsoed basisnya ekonomi perdesaan, sebaiknya keunikan tersebut terus didorong dan diperkuat dengan hasil-hasil karya yang aplikatif dan mudah bagi masyarakat.

"Jadi uniquess Unsoed yang bisa kita tonjolkan bahwa Unsoed itu beda. Kalau menurut saya, itu yang harus didorong terus, diperkuat, digaungkan terus  tapi memang harus karya-karya benar-benar nyata yang bisa diaplikasikan, bisa diserap oleh masyarakat sehingga bermanfaat untuk perkembangan masyarakat," terangnya.

Kemudian pengurus KA Unsoed lainnya Final Prajnanta menambahkan, para alumni lagi sungkan atau enggan menyebutkan almameternya yaitu Unsoed dibanding sebelumnya.

"Yaitu Karena proses yang kita telah bangun, prestasi-prestasi dari alumni kita tonjolkan, prestasi Universitas kita tonjolkan, jadi alumni itu sebagai jembatan untuk meleverage, mendongkrak apa yang sudah ada, mempopulerkan sehingga kita semua sekarang menjadi bangga menjadi alumni," imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto MS berharap peran dari alumni masih terus dibutuhkan apalagi menghadapi persaingan global yang sangat ketat sekarang ini.

"Terkait  dengan persaingan global yang sudah semakin ketat, maka peran alumni sangat strategis untuk memberikan masukan, saran maupun bantuan untuk pengembangan Unsoed," tandasnya.

Selain itu, Rektor juga meminta para alumnus terus mensukseskan visi dan misi Unsoed terkait pemberdayaan, peningkatan dan pengembangan sumberdaya perdesaan serta kearifan lokal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00