• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Wabup Subang Tinjau Kebakaran TPA Panembong

20 September
23:05 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Hingga 3 hari ini kebakaran di areal Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Panembong, yang api sulit dipadamkan oleh petugas Damkar, sekaligus menimbulkan kepulan asap tebal dari gundukan aampah yang terbakar, yang sampai hari ini belum diketahu secara pasti penyebab kebakaran itu.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi yang didampingi Kabid Damkar Satpol Damkar Kabupaten Subang Dede Rosyamandi, akhirnya meninjau ke lokasi kebakaran di TPA Panembong.

Nampak Agus dan rombongan menggunakan masker, saat meninjau TPA Panembong yang terbakar tersebut karena asap tebal yang keluar dari sisa kebakaran itu dapat menimbulkan gangguan saluran pernafasan.

Dalam kesemoatan itu Agus meminta kepada para petugas Damkar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Subang, untuk segera memadamkan api.

"Saya minta seluruh petugas yang diturunkan untuk menangani pemadaman api secepatnya, karena dikhawatirkan akan terus merembet membakar gundukan sampah lainnya, bahkan yang saya takutkan bisa merembet ke pemukiman warga," kata Agus kepada wartawan di Subang, Jum'at (20/9/2019).

Menurut Agus, dengan masih adanya beberapa titik api yang masih menyala itu, bisa kembali membesar gundukan sampah yang lainnya, ketika ada angin kecang, bahkan dikhawatirkan bisa merembet ke pemukiman warga.

"Kita tidak boleh lengah, karena masih terlihat di beberapa titik masih ada api yang menyala, jika ditiup angin, api bisa kembali menjalar, bahkan lebih fatal lagi merembet ke pemukiman," tegasnya.

Maka dari itu Agus juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Subang, agar tidak membakar sampah sembarang, tidak membuang puntung rokok disembarang tempat, karena itu bisa memicu terjadinya kebakaran lahan, hutan termaasuk TPA dan pemukiman.

"Jika terpaksa harus membakar sampah dan lain sebagainya, maka jangan sekali-kali dibiarkan begitu saja, pastikan api tidak merembet ke tempat lain, pastikan api sudah benar-benar pada saat ditinggalkan, termasuk tidak membuang puntung rokok disembarang tempat, karena sekarang masih musim kemarau api sekecil apapun bisa berpotensi menimbulkan kebakaran, seperti yang terjadi di TPA Panembong," pungkas Agus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00