• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Dalam Setengah Jam, Lebak Diguncang Dua Kali Gempa

20 September
22:06 2019
1 Votes (1)

KBRN, Lebak : Kabupaten Lebak, Provinsi Banten diguncang gempabumi sebanyak dua kali hanya dalam kurun waktu setengah jam, Jumat (20/9/2019). Kekuatan dua gempa itu berbeda-beda.

Gempa pertama terjadi pukul 20.15 WIB berkekuatan magnitudo 4,2 dengan titik gempa terjadi di 7,46 Lintas Selatan, 106,09 Bujur Timur, atau sekitar 101 km Barat Daya Lebak dengan kedalaman 7 km.

Gempa ini bahkan sempat dirasakan oleh warga diempat kecamatan di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kecamatan Pabuaran, Surade, Ciracap dan Kecamatan Jampang Tengah.

Sedangkan gempa kedua, terjadi 27 menit kemudiam, atau tepatnya pukul 20.42 WIB. Namun, gempa ini memiliki kekuatan yang lebih kecil, hanya berdaya magnitudo 2,9 dengan pusat gempa di 7,21 Lintang Selatan dan 106,08 Bujur Timur atau sekitar 36 km Barat Daya Kecamatan Bayah, Lebak dengan kedalaman 19 km.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktifitas Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho melalui siaran pers yang diterima RRI.

Menurutnya, meski gempa pertama sempat dirasakan pula warga di Sukabumi, akan tetapi hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

"Hingga laporan ini dibuat pukul 21:00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 event gempabumi susulan (aftershock)," jelasnya.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. Karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

"Pastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui laman resmi http://balai2.bmkg.go.id/," tutupnya.

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Azis Zulkarnaen

    Editor RRI Bandung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00