• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kabut Asap Tebal Selimuti Lokasi Kebakaran TPA Panembong Subang

20 September
17:39 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Kabut asap dari kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Panembong Subang, semakin tebal menyelimuti areal TPA.

Kabut asap yang tebal itu, terus keluar dari gundukan sampah, yang terbakar sejak hari Rabu 18 September kemarin lusa, hingga Jum'at 20 September hari ini, yang belum bisa dipadamkan oleh para petugas Damkar, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Subang Darmono Indra, kebulan asap dari sampah yang terbakar selama 3 hari itu, semakin menebal membuat para petugas harus menggunakan masker, guna mengantisifasi agar tidak terkena gangguan saluran pernafasan.

"Akibat api sulit dipadamkam, asap tebal pun terus menyelimuti areal TPA Panembong, membuat kami para petugas harus menggunakan masker, saat melakukan upaya pemadaman api," ujar Darmono kepada wartawan di Subang, Jum'at (20/9/2019).

Asap tebal juga kata Darmono, membuat jarak pandang di areal TPA, hanya beberapa meter, sehingga para petugas kesulitan melihat kobaran api yang harus dipadamkan.

"Kami juga merasa kesulitan melihat kobaran api yang harus kita padamkan, karena tebalnya kabut asap sehingga jarak pandang pun menjadi terbatas," terangnya.

Kendati demikian BPBD dan Damkar, terus berupaya melakukan pemadaman api, sampai api benar-benar padam, agar tidak terus merembet ke gundukan sampai yang lainnya, terlebih sampai ke pemukiman warga.

"Kami terus berjuang melawan asap tebal, dan cuaca panas yang disertai angin kencang dilokasi TPA, guna memastikan api benar-benar padam," tegas Darmono.

Ia menambahkan kondisi asap yang semakin menenal ini lanjut Darmono, BPBD meminta bantuan kepada PMI dan Dinas Kesehatan, untuk menyiapkan ambulan di lokasibTPA, dan membagikan masker kepada warga setempat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00