• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pertamina Berikan Kompensasi kepada Masyarakat Terdampak Kebocoran Pipa di Karawang

20 September
15:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pertamina masih melakukan upaya penanganan kebocoran pipa Pertamina di perairan Kabupaten Karawang, serta melakukan pemetaan untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat terdampak minyak di pesisir pantai. 

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi, Meidawati menyatakan Pertamina telah memberikan kompensasi yaitu merelokasi perumahan ke hunian sementara yang terdampak di pesisir Karawang, serta memberikan sembako, dan air bersih.

Meidawati mengungkapkan, selain kompensasi jangka menengah, Pertamina juga akan memberikan kompensasi jangka panjang yaitu dengan program pendidikan bagi masyarakat pesisir pantai Karawang, serta program pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir yang terdampak kebocoran minyak Pertamina.

Sementara itu, jumlah masyarakat yang telah direlokasi sebanyak 25 kepala keluarga di pesisir pantai Karawang.

"Pemberian kompensasi, relokasi 25 kepala keluarga, pemberian sembako, penyediaan air bersih akibat oil spil ini air terganggu, program alat sekolah dan sepatu kita lakukan kepada anak sekolah, ini program jangka menengah dan panjang, kesehatan, air bersih, pendidikan, pemberdayaan ekonomi," ungkap Meidawati saat konferensi pers di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, pada Jum'at (20/9/2019).

Ketua Tim Penanganan Dampak Pertamina Hulu Energi, Rifki Effendi menyatakan Pertamina telah memberikan kompensasi uang tunai sebesar Rp. 900.000 berupa buku tabungan dan ATM.

Rifki Effendi menjelaskan kompensasi uang tunai tersebut telah diberika  kepada 2.401 masyarakat terdampak dari 10.471 masyarakat terdampak minyak Pertamina di Kabupaten Karawang.

"Kita sudah memulai pembayaran relokasi tahap awal kepada warga terdampak dan kita mulai di Kabupaten Karawang, kita sudah data collecting, verifikasi data, kita lakukan formula pembayaran, per 19 September 2019, kita sudah menyerahkan buku tabungan dan atm kepada 2.401 warga terdampak dari 10.471 yang berada di Kabupaten Karawang," ungkap Rifki Effendi.

Selain pemberian kompensasi kepada masyarakat terdampak di Karawang, Rifki Effendi mengungkapkan Pertama tengah melakukan pendataan bagi masyakat terdampak kebocoran pipa minyak Pertamina di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00