• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPN Jatim Targetkan 1,7 Juta PTSL Sepanjang 2019

20 September
09:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kanwil Jawa Timur, mentargetkan sampai akhir 2019, sebnyak 1.725.000 bidang tanah tersertifikat melalui Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Hal itu disampaikan Kepala Kanwil BPN Jatim Heri Santoso, seusai bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di gedung Grahadi Surabaya. 

"Hari ini pengukuran sudah 1.666.000, dan Hap-nya sudah satu juta 200-an, 90 persen selesainya. Mudah-mudahan sebelum 31 Desember sudah selesai PTSL di Jawa Timur," ujarnya, Jumat (20/9/2019).

Pengurusan dengan PTSL itu, terang Heri, yaitu pengukuran dilakukan oleh BPN tanpa ada permohonan atau permintaan dari masyarakat. Jadi, tambah Heri, setiap desa harus dijadikan Desa Lengkap oleh BPN, kemudian diukur. Kalau surat-surat lengkap dijadikan sertifikat.

"Tanpa bayar BPN, tetapi untuk keterangan surat tanah itu kan mereka harus menandatangani di desa. Nah disana pungutan pungutan dan lain sebagainya itu untuk masang patok dan lain sebagainya," imbuhnya. 

Pemerintah mengatur untuk biaya pengurusan PTSL, untuk Jawa dan Bali, sebesar Rp 150 ribu. Tetapi di BPN tidak ada biaya sama sekali. Begitu diukur semua bidang tanah tadi, lanjut Heri, kalau surat-surat lengkap, jadi sertifikat.

"Kalau bersengketa tidak boleh di sertifikatkan namanya K2, kelengkapan kalau lengkap tadi K1. Begitu bisa disertifikatkan belum punya KTP, NIK, nggak bisa, namanya K3. Kalau sudah diukur ternyata  bersertifikat, pemutahiran data itu PTSL," paparnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00