• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Aceh sebut KKB yang Tewas Ditembak di Pidie Jaya Sudah Jadi Target Operasi

20 September
07:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan, kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terlibat baku tembak di jalan Medan-Banda Aceh tepatnya di Gampong Keude, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya pada Kamis (19/9/2019) sore, sudah menjadi target operasi Polda Aceh. 

Menurut Ery, kelompok ini sudah dipantau pergerakannya karena terlibat sejumlah aksi kejahatan. 

"Kelompok ini sebenarnya beberapa hari yang lalu sudah jadi target operasi (TO) Polda Aceh yang berkenaan pengembangan dari beberapa kasus," kata Kabid Humas kepada RRI, Jumat (20/9/2019). 

Polda Aceh, sambung Ery, juga telah membentuk tim khusus untuk memburu kelompok ini, tim itu diberi nama Satgas KKB. 

"Jadi dari hasil yang dilakukan dibentuk tim, maka tim Satgas KKB berhasil menyergap sebuah mobil yang diduga ditumpangi oleh kelompok tersebut di wilayah Pidie Jaya," ujarnya. 

Kemudian terjadi kontak tembak antara kelompok ini dengan aparat kepolisian. Dalam baku tembak tersebut, empat orang dari KKB dilaporkan tewas. 

"Empat orang meninggal dunia dari KKB, sementara satu orang ditangkap," kata Ery. 

Polisi, tambahnya, belum bisa menyimpulkan apa motif kejahatan yang dilakukan oleh KKB pimpinan Abu Razak ini. 

"Ini masih kita dalami, termasuk ada dugaan melakukan aksi penculikan terhadap warga sipil di Bireuen. Ini masih kita dalami dengan memeriksa sejumlah saksi," pungkas Ery. 

Sebelumnya diberitakan, aksi kontak tembak terjadi sekitar pukul 18.00 WIB Kamis kemarin antara pihak kepolisian dengan kelompok kriminal bersenjata. Dalam peristiwa ini, empat orang dari pihak KKB yang tewas bernama Abu Razak, Wan Neraka, Zulfikar, Hamni, sementara yang ditangkap bernama Wan Ompong. 

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti, berupa mobil jenis Avanza yang ditumpangi KKB, senjata api laras panjang jenis AK-56, senjata laras pendek jenis revolver dan 100 butir amunisi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00