• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ini 4 Hasil Audiensi Mahasiswa dengan Sekjen DPR Soal Pengesahan RUU

19 September
23:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mahasiswa dari berbagai kampus dan elemen menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Ketua BEM UI Manik Marganamahendra mengutarakan, pihaknya sudah menekankan kepastian bahwa tidak ada pengesahan lima RUU pada 24 September 2019 mendatang saat diterima beraudiensi oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar hari ini.

Berikut beberapa hasil kesepakatan audiensi antara pihak mahasiswa dengan Sekjen DPR RI Indra Iskandar yang dilakukan tadi sore:

1. Aspirasi masyarakat Indonesia yang direpresentasikan mahasiswa akan disampaikan kepada pimpinan DPR RI dan seluruh anggota dewan.

2. Sekjen DPR RI akan undang dan libatkan seluruh mahasiswa yang hadir dalam pertemuan 19 September ini, dosen atau akademisi, serta masyarakat sipil untuk hadir dan berbicara setiap RUU lainnya yang belum disahkan.

3. Sekjen DPR menjanjikan akan sampaikan keinginan mahasiswa untuk buat pertemuan dalam hal penolakan Revisi UU KPK dan RKUHP dengan DPR serta kepastian pertemuan sebelum 24 September 2019.

4. Sekjen DPR akan menyampaikan pesan mahasiswa pada anggota DPR untuk tidak mengesahkan RUU pertanahan, RUU ketenagakerjaan, RUU minerba dan RKUHP dalam kurun waktu empat hari ke depan.

Sementara itu, terkait RUU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang rencananya bakal disahkan DPR RI pada 24 September mendatang, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif langsung memberikan keterangan pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2019). 

Laode M. Syarif mengatakan sangat ingin mengetahui model pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK sebagaimana tercantum dalam Revisi UU KPK yang sudah disiapkan oleh DPR tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00