• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

6 Kabupaten di Aceh Terdampak Asap Karhutla Sumatera

19 September
19:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Dalam dua hari terakhir kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyelimuti Provinsi Aceh. Asap yang diduga kiriman dari Karhutla yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera itu terdampak di 6 kabupaten, yaitu Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang dan Aceh Singkil. 

"Aceh Singkil juga saat ini kabut asap," kata Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rosiana Kusuma Wardani di Aceh Singkil, Kamis (19/9/2019). 

Menurutnya, kabut asap mulai menyelimuti Aceh Singkil sejak hari ini. Padahal di wilayah itu tidak dilanda kebakaran hutan dan lahan. 

"Baru hari ini terlihat, sudah dipantau di 11 kecamatan di Aceh Singkil tapi tidak ada titik kebakaran. Sepertinya Aceh Singkil dapat kiriman asap juga," ujar Rosiana. 

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Zakaria Ahmad menyebutkan, sejumlah daerah yang diselimuti asap di Aceh dikarenakan pengaruh angin. 

"Sempat terpantau pergerakan asap sejak hari Selasa lalu, kemungkinan besar asap ini kiriman dari sejumlah daerah yang dilanda karhutla di Sumatera," ujar Zakaria. 

Dia menyebutkan, Aceh dalam beberapa hari terkahir tidak terpantau titik panas sehingga besar kemungkinannya asap tersebut adalah kiriman dari Provinsi tetangga. 

Dia mengatakan kondisi angin saat ini bertiup dari arah barat ke tenggara dengan kecepatan angin 15 knots. Akibatnya sejumlah daerah di bagian barat Indonesia berdampak pada menipisnya jarak pandang sekitar 4 kilometer di udara. 

Karhutla melanda Aceh Besar 

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda Kabupaten Aceh Besar, Kamis (19/9/2019). Kebakaran terjadi di Desa Seureumo, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan, kebakaran menghanguskan lahan rumbia seluas satu hektar. 

"Peristiwa kebakaran ini terjadi pada pukul 12.10 WIB," kata Sunawardi. 

Kronologi kebakaran, ungkapnya berawal dari petugas piket menerima informasi ada bencana kebakaran. 

"Petugas piket pemadam kebakaran langsung mengerahkan satu unit Armada Damkar BPBD Aceh Besar dari Pos Sibreh ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman," ujarnya. 

Kebakaran ini nyaris menghanguskan kandang ternak milik warga yang berjarak 50 meter dari lokasi kejadian. 

"Setiba dilokasi kejadian petugas langsung melakukan penanganan dengan memblokade api sesuai dengan arah angin agar tidak merambat ke kandang ternak sapi dan ayam milik warga yang hanya berjarak 50 meter dari lokasi kejadian," katanya. 

Untuk penyebab sendiri, tambahnya, belum diketahui secara pasti dan masih dalam penanganan pihak berwajib. 

"Belum diketahui pasti penyebabnya dan masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib. Namun api berhasil di padamkan pada pukul 13:40 WIB. Dalam usaha pemadaman lahan tersebut juga ikut di bantu oleh TNI (koramil setempat), POLRI (polsek setempat) dan warga masyarakat," pungkasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00