• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Aceh Terdampak Kabut Asap Karhutla, Aktivitas Penerbangan Normal

19 September
09:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Sejumlah kabupaten kota di Aceh terkena dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Riau, Sumatera Selatan dan Jambi. Daerah yang terkena dampak kabut asap yaitu Aceh Utara, Lhokseumawe, dan Aceh Tamiang. 

Namun dampak kabut asap belum mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar. 

General Manager PT. Angkasa Pura II Bandara SIM Aceh Yos Suwagiono saat dikonfirmasi RRI mengatakan, meskipun terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera, namun belum berdampak pada operasional penerbangan di Bandara SIM. Menurutnya, penerbangan dari atau menunjuk ke Bandara SIM berjalan normal tidak ada yang tertunda karena dampak kabut asap. 

"Tidak terganggu," kata Yos di Banda Aceh, Kamis (19/9/2019). 

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Zakaria Ahmad menyebutkan, sejumlah daerah yang diselimuti asap di Aceh dikarenakan pengaruh angin. 

"Sempat terpantau pergerakan asap sejak hari Selasa lalu, kemungkinan besar asap ini kiriman dari sejumlah daerah yang dilanda karhutla di Sumatera," ujar Zakaria. 

Dia menyebutkan, Aceh dalam beberapa hari terkahir tidak terpantau titik panas sehingga besar kemungkinannya asap tersebut adalah kiriman dari Provinsi tetangga. 

Dia mengatakan kondisi angin saat ini bertiup dari arah barat ke tenggara dengan kecepatan angin 15 knots. Akibatnya sejumlah daerah di bagian barat Indonesia berdampak pada menipisnya jarak pandang sekitar 4 kilometer di udara. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00