• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Sekolah di Kubar Terima Bantuan Peningkatan Sarana dan Prasarana Tahun 2019

19 September
07:03 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan tentu perlu dukungan berbagai faktor, salah satu-nya dari segi Sarana dan Prasarana (Sapras) Sekolah yang ada. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (PPD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Yakobus Yamon, kepada RRI Sendawar, Kamis (19/9/2019).

Sapras Sekolah inilah yang, lanjut Yakobus Yamon, terus ditingkatkan pihaknya melalui upaya Rehabilitasi dan Membangun ruang Kelas baru, Pembangunan Kantor dan Ruang Kepala Sekolah, Pembangunan Toilet beserta sanitasinya, Pembangunan Tongkat Gedung Sekolah khususnya yang berada di pesisir sungai.

Kemudian, Pembangunan Aula dan Laboratorium Sekolah, Pembangunan Asrama Sekolah, Pemagaran Sekolah, Peningkatan halaman Sekolah, Rehabilitasi dan Pembangunan Rumah Dinas Guru, hingga pengadaan Buku Koleksi Perpustakaan, Peralatan Laboratorium, alat Keseninan, UNBK dan Leptop kepada para guru pada tahun 2019 ini.

Ia menyebutkan, bantuan peningkatan Sarana dan Prasarana tersebut, bagi ratusan Sekolah yang tersebar di 16 Kecamatan se-Kutai Barat. Kurang lebih 80 Sekolah Dasar (SD)/MI dan sekitar 30 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs. Dengan jumlah total 176 kegiatan.

“Ya, untuk tahun 2019, hampir semua Kecamatan ada beberapa sekolah yang kita bantu untuk peningkatan sarana prasarananya. Artinya dari 16 Kecamatan, tidak semua Sekolah yang ada di Kecamatan tersebut kita bantu, karena terkendala kampuan keuangan kita. Tetapi secara bertahap, artinya ketika Sekolah yang kita bantu sudah mulai baik sarana dan prasarananya, kita alihkan lagi ke-Sekolah yang lain, yang belum tersentuh,” ungkapnya.

Yamon menambahkan, sumber dana dalam pelaksanaan program bantuan sarana dan prasarana Sekolah ini, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digulirkan langsung oleh Pemerintah Pusat melalui Dinas Pendidikan.

Kemudian Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), serta melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Barat, selama satu tahun anggaran.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00