• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Imam Nahrawi Menpora Kedua Tersangka KPK

18 September
22:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (18/9/2019) telah menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus suap pemberian dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). 

Imam Nahrawi diduga menerima uang suap yang totalnya mencapai Rp 26,5 miliar. Uang suap yang diterima Imam tersebut bahkan nilainya lebih besar jika dibandingkan dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang pernah diserahkan Imam Nahrawi kepada KPK. 

Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dijerat KPK setelah pengembangan kasus yang kini tengah disidangkan di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Dimana sebelumnya, sejumlah pejabat Kemenpora telah dijatuhi vonis oleh pengadilan tipikor, Kamis (12/9) lalu. 

Disisi lain, ditetapkannya Imam Nahrawi sebagai tersangka, menambah daftar Menpora Republik Indonesia (RI) dalam jeratan KPK. Sebelumnya, mantan Menpora Andi Mallarangeng juga pernah ditetapkan sebagai tersangka korupsi pengadaan sarana dan prasarana kompleks olahraga di Hambalang, Sentul Bogor, Jawa Barat,  Desember 2012 silam. 

Saudara kandung Choel Mallarangeng menjalani tiga kali pemeriksaan sebelum akhirnya ditahan KPK pertengahan Oktober 2013. Pada Juli 2014, Andi kemudian divonis empat tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta dengan subsider dua bulan penjara. Vonis itu sendiri lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntutnya 10 tahun penjara.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00