• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Penyidik KPK Segera Panggil Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap Dana Hibah KONI

18 September
18:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata saat menggelar acara jumpa pers di Gedung KPK Jakarta menjelaskan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan segera melayangkan surat panggilan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Menurut Alexander, pemanggilan Imam tersebut juga dalam rangka pemeriksaan awal Imam Nahrawai dalam kapasitasnya sebgai tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Koruosi (Tipikor) suap pemberian dana bantuan hibah Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). 

"Segera memanggil yang bersangkutan (Imam Nahrawi) dalam kapasitasnya sebagai tersangka)” kata Alexander Marwata saat jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Saat ditanya wartawan lebih detil kapan Imam Nahrawi akan diperiksa sebagai tersangka, Alexander mengaku belum bisa memastikan tanggal dan harunya. Alexander tekah menyerahkan sepenuhnya terkait jadwal pemeriksaan tersebut kepada penyidik KPK. 

"Nanti tanggalnya berapa, nanti penyidik yang akan memanggil yang bersangkutan (Imam Nahrawi),” kata Alexander kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta.

Alexander menjelaskan kepada wartawan sampai saat ini Imam Nahrawi sudah 3 kali dipanggil dalam proses penyelidikan. Namun yang bersangkutan diketahui tidak datang atau absen dari panggilan pemeriksaan penyidik KPK.

Alexander mejelaskan, sebelumnya proses penyelidikan dilakukan sejak 25 Juni 2019. KPK juga telah memanggil IMR (Imam Nahrawi) sebanyak 3 kali namun yang bersangkutan tidak menghadiri permintaan keterangan tersebut.

Imam Nahrawi sebelumnya diketahui pernah dipanggil penyidik KPK masing-masing pada 31 Juli 2019, 2 Agustus 2019, dan 21 Agustus 2019. KPK memandang telah memberikan ruang yang cukup bagi IMR untuk memberikan keterangan dan klarifikasi pada tahap penyelidikan

Sementara itu sebelumnya penyidik KPK telah menetapkan 5 orang sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam kasus ini. Kelima tetsangka tersebut masing-masing Ending Fuad Hamidy, Johnny E Awuy, Mulyana, Adhi Purnomo, dan Eko Triyanto.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00