• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

37 Orang Utan Terpapar ISPA Imbas Karhutla di Kalteng

18 September
16:18 2019
0 Votes (0)

KBRN,Palangka Raya :  Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kalimantan Tengah saat ini  menyebabkan sejumlah orang utan di wilayah  Kalteng  mengalami infeksi gangguan pernapasan.

Pengobatan  yang kerap dilakukan tim medis Nyaru Menteng yakni menggunakan nebulizer, multivitamin, dan antibiotik, terutama bagi orang utan yang dianggap mengidap infeksi parah.

Manejer Pusat Rehabilitasi Nyaru Meteng Denny Kurniawan kepada RRI Rabu (18/09/2019) mengatakan kabut asap akibat karhutla banyak berdampak pada kondisi kesehatan orang utan  dimana 37 orang utan bayi dan anak anak terkena ISPA  dan 6 orang utan dewasa juga terkena ISPA  sejak akhir Juli  hingga awal Agustus 2019.

Apabila hal ini terus berlanjut, ungkap  Denny, maka asap akan memicu munculnya kembali penyakit  kambuhan yang ada pada  orang utan  dan  berdampak orang utan tidak bisa dilepas liarkan kembali.

’’Bila asap ini terus berlangsung maka secara otomatis penyakit bawaan orang utan akan kembali muncul itu yang paling  kami kwatirkan saat ini," kata Denny Kurniawan .

Dia menuturkan, saat ini jumlah individu orang utan di Pusat rehabilitasi Nyaru Menteng  yang  merupakan pusat rehabilitasi terbesar di dunia  sebanyak 355  Individu dengan jumlah dokter hewan sebanyak 7 orang   dan paramedis 2 orang.

Diperlukan keperdulian bersama  tidak hanya untuk dapat melestarikan  orang utan  namun juga  habitatnya juga masyarakat yang ada di sekitar wilayah tersebut  agar kawasan konservasi orang utan tetap terjaga dan orang utan tidak akan terbantai dari kawasan akibat asap Karhutla.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00