• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Terkait Karhutla, Gubernur Kalbar Peringatkan 103 Perusahaan

18 September
15:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Indonesia tahun 2019, menginisiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk memberi peringatan bagi 103 perusahaan.

”Sudah ada 103 perusahaan yang saya beri peringatan, sudah ada 40 (perusahaan) yang disegel oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan, sudah ada 5 (perusahaan) yang diusulkan untuk dicabut, sudah ada 5 (perusahaan) yang diproses penyidikan oleh Polda,” ujar Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dalam Dialog Pro 3 RRI, Rabu (18/9/2019).

”Dia (perusahaan) tidak melakukan penanaman sebagaimana yang direncanakan, akibatnya lahan gambut itu terbuka. Lahan gambut terbuka, tidak ada tutupan pohon yang diatasnya, akhirnya kan rentan terbakar kemudian rentan juga dibakar,” imbuhnya.

Tak hanya itu, lebih lanjut Sutarmidji mengatakan jika ia telah membuat peraturan gubernur yang mengatur mengenai penggunaan lahan yang sengaja dibuka dengan cara dibakar.

“Lahan milik siapapun mau pribadi, swasta, atau HGU (Hak Guna Usaha) maupun HTI (Hak Tanaman Industri), yang melakukan pembukaan lahan dengan sengaja membakar. maka lahannya tidak boleh digunakan selama 5 tahun,” tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00