• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Kabut Asap, Mahasiswa Stisipol Pecinta Alam Bagikan Masker Gratis untuk Masyarakat

18 September
13:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sungailiat : Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Pecinta Alam, melakukan pembagian masker ke masyarakat Seputaran Air Ruai yang terkena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah lokasi di Kabupaten Bangka, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan tersebut merupakan spontanitas dari mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam karena melihat di sejumlah lokasi di Kabupaten Bangka sudah mulai tertutup dengan Kabut Asap akibat karhutla.

Ketua Mahasiswa Stisipol Pecinta Alam Pahlawan 12, Fadel Galieh Panuluh mengatakan, Kegiatan ini merupakan spontanitas pihaknya sebagai mahasiswa yang peduli terhadap lingkungan.

"Ini hanya spontanitas saja, karena melihat kondisi di sungailiat ini sudah mulai terkena efek dari kebakaran yang terjadi di berbagai wilayah Bangka, bukan seberapa nilainya tapi seberapa manfaatnya untuk masyarakat," ungkap Fadel saat diwawanca sesaat setelah membagikan masker

Ia juga mengungkapkan, kegiatan tersebut untuk menyadarkan masyarakat supaya lebih peduli terhadap lingkungan dengan cara bersama-sama merawat alam agar tetap lestari.

"Dengan adanya kegiatan kami ini, masyarakat diharapkan lebih peduli dengan lingkungan, dan tidak lagi membakar sampah atau membuka lahan dengan cara membakar," ujarnya.

Selain itu, fadel juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk selalu mencintai lingkungan dan selalu berusaha bersahabat dengan alam.

"Kalo kita jaga alam, insyaallah alam pun akan menjaga kita," ucapnya.

Ia berharap, pemerintah bisa segera cepat dan tanggap untuk mengatasi masalah kabut asap yang disebabkan oleh karhutla ini, dengan melakukan tindakan yang nyata agar masalah ini tidak terus meluas.

"Kami harap pemerintah segera ambil tindakan terhadap kejadian ini, jangan sampai sudah banyak korban baru bertindak," tegasnya.

Kegiatan pembagian masker ini dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. 100 masker gratis berhasil dibagikan kepada pengendara sepeda motor di lampu merah Air ruay dengan membentangkan tulisan "Masker Gratis, Sayangi Paru-Paru Anda, Kami Peduli Terhadap Kesehatan Anda, dengan tagar Indonesia Darurat Kabut Asap".

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00