• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Beras untuk Warga Miskin, Bau dan Apek

18 September
13:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo : Warga miskin penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Kotakan Kecamatan Situbondo mengeluhkan kualitas beras yang bau apek, tidak tahan lama dan berwarna kuning saat dimasak. Padahal sebelumnya, kualitas beras bagus dan tidak berbau. 

"Warna beras dan kemasan bagus, tapi setelah dicium bau apek dan setelah dimasak, mudah basi," kata Rahmania, warga setempat, Rabu (18/9/2019).

Rahmania mengaku, selama ini kualitas beras yang diterimanya melalui e-waroeng cukup bagus. Baru kali ini kualitas beras yang diterimanya jauh dari harapan warga miskin sepertinya.

"Meskipun miskin kami juga ingin makan nasi yang tidak bau apek," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa Kotakan, Anas Wijaya, membenarkan kualitas beras yang bau apek dan berwarna kuning. Padahal sebelumnya, kualitas beras yang dibagikan kepada warga miskin selalu bagus.

"Mulai bulan ini, sejak bekerjasama dengan Bulog, beras yang disalurkan jelek. Padahal waktu dikelola e-warong untuk distribusi beras BPNT, berasnya bagus," ungkapnya.

Ia berharap, penerimaan beras bulan berikutnya kualitasnya diperbaiki. Karena kasihan warga miskin jika harus mengkonsumsi beras yang tidak layak dikonsumsi. 

Anas Wijaya juga telah melaporkan hal tersebut ke Dinas Sosial setempat dan kepada Kantor Kecamatan Situbondo. Sebelumnya, ia juga mengecek langsung ke Gudang Bulog yang ada di Kecamatan Arjasa. Ternyata, beras yang disalurkan merupakan stok lama yang.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Sosial Situbondo, Lutfi Joko Prihatin mengatakan, jika Kemensos sudah bekerja sama dengan Bulog sebagai suplier dalam penyaluran BPNT melalui e-Warong.

"Kemensos sudah menunjuk Bulog sebagai suplier. Kalau kualitasnya memang kurang bagus, nanti kita sampaikan ke Kemensos," kata Lutfi singkat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00