• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Kaltim Mulai Terkena Penyakit ISPA, Akibat Kabut Asap Yang Semakin Pekat

18 September
08:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda: Kebakaran Hutan Dan lahan (karhutla) di Samarinda membuat sejumlah wilayah di sekitarnya tertutup kabut asap tebal. Akibatnya, kualitas udara pun menjadi tidak sehat. Udara yang tidak sehat tentunya berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. 

Kepala Bidang pengendalian dan  pencegahan penyakit DinasKesehatan Provinsi Kalimantan Timur Drg.Harono kepada RRI di Samarinda Rabu (18/9/2019/ mengatakan, di saat musim kearua seperti ini berbagai penyakit akan timbul seperti infeksi saluran pernafasan atas atau ispa, asma dan diare.

Suharsono mengatakan, kabut asap yang saat ini merajalela membawa partikel berukuran kecil yang masuk melalui saluran pernafasan dan menyebabkan gangguan seperti asap rokok.

“Ya kalo,cuaca kemarau yang panjang begini memang biasnaya diare dna ISPA itu yang meningkat, masyarkat dihimbau tetap waspada untuk meningkatkan diri agar terhindari dari berbagai penyakit seperti ispa, kalo keluar rumah agarmenggunakan masker supaya terhindar dari penyakit ISPA.” kata Harsono

Infeksi saluran pernafasan atas penyakit ini memiliki nama lain yaitu ispa. Sebenarnya ispa disebabkan oleh infeksi virus dan bukan karena kabut asap. Namun, polusi yang parah ditambah dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh dapat menimbulkan terjadinya ISPA.pungkasnya 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00