• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Soal Karhutla, Ini Respons Bamsoet

18 September
08:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua DPR Bambang Soesatyo memberikan respons terkait tiga anak perusahaan Malaysia dan 42 perusahaan yang terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pertama Bamsoet menyatakan bahwa ia mendukung sepenuhnya proses hukum yang akan diambil oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Memasukkan perusahaan tersebut dalam daftar pelanggar hukum, serta mempertimbangkan untuk pencabutan izin operasional perusahaan yang terlibat," katanya dalam keterangan resmi yang diterima RRI, Rabu (18/9/2019).

Selain itu, ia juga mendorong KLHK untuk menerapkan sanksi kepada seluruh perusahaan untuk memberikan ganti rugi serta membayar kompensasi kepada masyarakat yang terdampak kabut asap.

"KLHK juga dapat bekerja sama dengan imigrasi untuk menetapkan seluruh direksi perusahaan yang disegel agar ditetapkan larangan untuk meninggalkan Indonesia atau kembali ke negaranya sebelum proses hukum diselesaikan," ujarnya.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Kesehatan untuk memberikan masker gratis kepada masyarakat, serta menyediakan fasilitas berupa klinik bagi masyarakat terdampak asap.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00