• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ketua KPK: Dewan Pengawas itu Bukan Penegak Hukum Lho!

18 September
00:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Raharjo mempertanyakan tentang aturan dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2019 tentang KPK, khususnya terkait kewenangan dewan pengawas.

Menurut dia, jika pemberitaan di media massa terkait penyidik KPK harus meminta izin dewan pengawas untuk melakukan penyitaan dan penyadapan benar adanya, maka hal itu patut dipertanyakan. Sebab orang yang berwenang memberi izin semacam itu haruslah aparat penegak hukum.

"Tapi sayangnya kalau dilihat juga dewan pengawas itu bukan penegak hukum loh. Ga ada rumusnya disitu dewan pengawas itu penegak hukum," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (17/9/2019).

"Jadi apa boleh bukan penegak hukum itu boleh mengeluarkan izin," lanjutnya.

Perlu diketahui, berdasarkan draf hasil rapat panitia kerja Baleg DPR, 13 September lalu, dalam UU KPK yang baru, penyidik KPK yang hendak melakukan penyadapan dan penyitaan haruslah seizin dewan pengawas.

Masih berdasarkan rapat Baleg itu, dewan pengawas KPK akan dipilih oleh DPR RI berdasarkan calon anggota yang diusulkan oleh Presiden Republik Indonesia. 

Dalam mengangkat ketua dan anggota dewan pengawas presiden harus membentuk panitia seleksi. Panitia seleksi itu terdiri atas unsur Pemerintah Pusat dan unsur masyarakat. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00