• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

RUU KPK Disahkan DPR, WP KPK Nyalakan Lilin Tanda Berduka Cita

17 September
20:40 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja selesai menggelar aksi teatrikal sebagai simbol matinya KPK. Mereka menyebut kematian KPK terjadi setelah Dewan Perwakikan Rakyat (DPR) Republik Indonesia mengesahkan  Revisi  Undang-Undang (RUU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

Pantauan wartawan langsung dari lokasi, puluhan peserta aksi tampak  terlihat memakai masker untuk menutupi wajah. Mereka awalnya berjalan dari dalam lobi KPK lalu keluar dari lobi Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan.

Mereka tampak terlihat membawa bendera kuning. Kemudian ada peserta yang membawa poster yang bertulisan 'KPK sudah mati”.

"Ini simbolisasi dimatikannya KPK oleh DPR bersama dengan presiden. Setelah KPK menjalankan tugasnya memberantas korupsi sejak 2002” kata Aspinawita, Direktur YLBHI di Gedung KPK di Gedung KPK Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Aspinawita menjelaskan mengapa simbolisasi ini dibuat karena seharusnya DPR dan presiden yang mengutamakan pemberantasan korupsi di atas segala-galanya.

Sementara itu sebelumnya diberitakan DPR RI telah mengesahkan RUU KPK dalam rapat paripurna yang dilakukan hari ini di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan. RUU tentang KPK disahkan ditengah gelombang penolakan yang begitu kuat dari sejumlah elemen masyarakat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00