• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BMKG Pangkalpinang Duga Kabut Asap di Babel Kiriman

17 September
17:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pangkalpinang : Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang mendeteksi jika kabut asap sudah menyebar di sejumlah wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Dilihat dari peta sebaran asap yang dikirim BMKG Pusat, wilayah terdampak kabut asap diantaranya sebagian besar Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah dan wilayah Kabupaten Bangka Barat.

Kasi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji mengatakan sebaran kabut asap tersebut, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal yakni terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta kiriman dari wilayah lain.

“Kalau kita tinjau dari asap kiriman itu, semakin besar mungkin asapnya kiriman dari wilayah Kalimantan bukan dari wilayah Sumatera, karena posisi pergerakan pola angin saat ini adalah posisi angin selatan, sehingga wilayah yang mungkin yang dapat menyebabkan asap semakin tebal di wilayah kita adalah dari Kalimantan, namun hal ini belum mendapat verifikasi langsung dari pusat, karena kondisi atmosfir juga harus kita perhatikan terhadap kiriman asap tersebut,” jelas Kurniaji, Selasa (17/9/2019).

Diakui Kurniaji, hasil deteksi BMKG, tetap harus diverifikasi dengan data dan kenyataan di lapangan, karena seperti di Belitung dan Belitung Timur misalnya, di peta sebaran asap tidak dipetakan, tapi kenyataan di lapangan asap cukup pekat sampai mengurangi jarak pandang hingga 800 meter.

Kendati asap sudah menyebar ke wilayah kota bahkan pemukiman masyarakat, namun jika dibandingkan dengan wilayah Sumatera yakni Pekanbaru, Jambi, Palembang dan wilayah Kalimantan yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, Bangka Belitung dinilai masih lebih kondusif dari dampak asap akibat kejadian karhutla, baik di tinjau dari gangguan terhadap kesehatan atau transportasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00