• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Tips Aman Olahraga Outdoor Dalam Kepungan Kabut Asap

17 September
17:01 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palembang : Dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhurla) yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengakibatkan terganggunya aktifitas serta kesehatan fisik masyarakat.

Bahkan kepungan kabut asap di Sumsel sudah mengarah ke kondisi udara yang tidak lagi sehat. Hal ini tentu mengganggu aktifitas masyarakat yang ingin berolahraga, terkhusus olahraga  diluar ruangan atau outdoor.

Penggiat Olahraga Sumsel, Ahmad Yani, mengungkapkan, kondisi udara yang diselimuti oleh kabut asap sekarang ini dapat meningkatkan intensitas terjangkitnya penyakit pernafasan.

Meski begitu, lanjutnya, masyarakat tetap dapat berolahraga di tengah kepungan kabut asap dengan menggunakan perlengkapan tambahan, guna mencegah terhirupnya paparan asap.

“Kondisi udara kita sudah tidak karuan, sangat mengganggu berolahraga ditengah kabut asap. Kita masih bisa berolahraga outdoor, tapi ada baiknya memperbanyak minum air putih untuk menghindari diri dari dehidrasi serta tidak lupa menggunakan masker yang lembab atau sudah dibasahi dengan air, “ jelasnya kepada RRI, Selasa (17/9/2019).

Ahmad Yani yang juga merupakan pelatih beladiri Wushu dan Kungfu Sumsel ini mengakui selama latihan di tengah kepungan asap, kondisi kebugaran atletnya pun tetap terjaga dengan baik.

Menurutnya, menjaga kesehatan pernafasan tidak hanya dalam kondisi bencana asap, udara yang tidak segarpun dapat memicu timbulnya penyakit pernafasan ketika berolahraga di outdoor.

“Udara biasa juga bisa. Namun dengan ditambahnya kabut asap, tentu lebih bahaya. Karena oksigen yang dihisap itu bercampur dengan karbon monoksida, “ tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00