• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BPBD Kota Bogor Bersama Save The Children Bentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana

17 September
16:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Pencegahan bencana alam terhadap pelajar di sekolah dasar dan usia dini berlangsung dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan LSM Save The Children dari Amerika Serikat. 

Kegiatan itu berlangsung dengan adanya Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dari BPBD dan Save The Childern di sekolah dasar dan Madrasah Tsanawiyah Sukasari.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Juniarti Estiningsih mengatakan pelatihan itu untuk membentuk mental tangguh bencana untuk siap untuk selamat dari bencana alam yang bisa menimpa sekolah.

Potensi bencana bisa berada di mana saja termasuk di sekolah agar siswa selamat saat menempuh kegiatan belajar dan mengajar KBM.

“Kita latih siswa untuk bisa mengenali potensi bencana sehingga mereka bisa tanggap saat adanya bencana alam yang terjadi di sekolah, kita berkegiatan juga didukung LSM Save The Children,” ujarnya, Selasa, (17/9/2019).

Pelajar harus mengetahui sekolahnya berada di kawasan rawan bencana sehingga semua bisa menjadikan kewaspadaan dini menghadapi bencana.

Pelatihan itu berupa cara untuk selamat saat terjadinya bencana seperti Gempa, Tanah Longsor dan Banjir.

Selanjutnya BPBD akan melakukan sejumlah pelatihan tanggap bencana untuk membentuk kesadaran tinggal di daerah rawan bencana Kota Bogor.

BPBD juga melakukan proses pencegahan dengan menggandeng intansi wilayah seperti relawan siaga bencana dan TNI – Polri agar masyarakat siap untuk selamat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00