• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pemda Bentuk Tim Ahli Verifikasi Situs Sentawar Kutai Barat

17 September
12:54 2019
2 Votes (4)

KBRN, Sendawar: Situs Sentawar merupakan salah satu Objek Wisata yang ada di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Tepatnya di Kampung Karang Rejo, Kecamatan Barong Tongkok, atau Pusat Ibu Kota Kabupaten Kubar.

Berdasarkan cerita rakyat, objek wisata tersebut merupakan peninggalan sejarah kerajaan Sentawar  sekitar abad ke-13 Masehi, Dipimpin oleh Raja bernama Tulur Aji Jejangkat bersama Permasisuri Mook Manaar Bulatn. Merupakan cikal bakal lahirnya suku dayak di Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Kutai Barat.

Dari sanalah kemudian, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menetapkan obejak wisata di Pinggir Sungai Mahakam itu sebagai situs berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) No.08 tahun 2013, karena dianggap memiliki nilai sejarah. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar, Silvanus Ngampun saat dikonfrimasi RRI Sendawar, Selasa (17/9/2019).

Kendati demikian, menurut-nya Situs pada objek wisata tersebut, belum mendapat pengakuan resmi dari lembaga Kompeten, sehingga kedepannya Pemerintah akan membentuk Tim Ahli untuk melakukan Verifikasi terhadap nilai sejarah sesuai cerita rakyat, agar mendapat pengakuan.

“Secara resmi belum di verifikasi, karena itu ada proses verifikasi oleh Tim Ahli. Nah tim ahli itu, bisa dari pusat atau dibentuk oleh Pemerintah Daerah, tapi dia harus ada pelatihan. Namanya, Tim Ahli Cagar Budaya, nah ini mungkin tahun depan baru kita bentuk. Jadi secara resmi dia disebut cagar budaya atau situs itu, belum ada pengakuan resmi dari lembaga yang kompeten. Baru SK Bupati yang menetapkan itu sebagai situs, karena pernah ada sejarah, peninggalan Kerajaan Sentawar dulu,”ungkap Silvanus.

Ia menyebutkan ada dua opsi yang akan dilakukan dalam pembentukan Tim Ahli tersebut, yakni menggunakan tenaga kompeten dari luar Daerah atau membentuk sendiri dan diberikan pelatihan terlebih dahulu. Dengan target realisasi pembentukan Tim Ahli tersebut akhir tahun 2020 mendatang.

Untuk diketahui, Situs Sentawar Kutai Barat, dikelola oleh dua Organisasi Prangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari sisi Budayanya, kemudian Dinas Pariwisata dari sisi Objek Wisatanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00