• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Soal Karhutla, Walhi Tegaskan Pemerintah Harus Fokus Lakukan Pemulihan

17 September
11:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Manajer Kampanye Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Wahyu Perdana mengatakan bahwa semua pihak harus fokus untuk proses pemulihan kesehatan, karena kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin merajalela.

Hal tersebut ia sampaikan ketika berbincang dengan RRI pada Selasa (17/9/2019). 

"Dalam hal ini akhirnya konteks sangat daruratnya, mau tidak mau fokus pada pemulihan kesehatan. Kemudian kalau perlu dievakuasi, evakuasi. Bahkan kalau perlu memang disediakan rumah dengan penyaring udara. Karena kalau itu tidak segera dilakukan korbannya akan makin banyak," jelasnya.

Ia juga meminta kepada semua pihak terutama masyarakat agar menahan diri untuk tidak fokus menyalahkan pemerintah.

"Alih-alih daripada ribut sibuk saling tunjuk pemerintah, ini kewajiban pusat, pemerintah daerah, sudahlah berhenti saling menyalahkan dalam kondisi seperti ini," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan status kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau dalam status siaga darurat.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas Pengendalian Karhutla di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019) malam.

"Provinsi Riau telah dinyatakan status siaga darurat, luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan ribu hektare," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung lewat akun media sosial Sekretariat Kabinet RI.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00