• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

100 Anggota DPRD Sumut Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

16 September
23:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Seratus anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) resmi dilantik hari ini. Sebanyak 79 di antaranya merupakan wajah baru.

Para anggota Dewan periode 2019-2024 yang 79  diantaranya merupakan  wajah baru   ini diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan Cicut Sutiarso,  dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi  dalam Rapat Paripurna Pelantikan Dan Pengambiilan Sumpah/janji  Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara di gedung DPRD, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (16/9/2019).

Dalam  Sambutannya  Gubernur sumatera Utara  Edy Rahmayadi –mengatakan dalam menjalankan  fungsi dan tugasnya sebagai Wakil Rakyat, DPRD  juga  merupakan mitra Pemerintah  Provinsi  Sumatera Utara dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dengan mengutamakan  kepepentingan kesejahteraa rakyat.

"Anggota Dewan hendaknya selalu mengutamakan kepentingan kesejahteraan rakyat," kata Gubernur Edy.

Selain itu Edi rahmayadi  juga  berharap kepada  para Anggota DPRD Sumut yang baru dilantik  agar meningkatkan kapabilitas dan kualitas dalam menjalankan Fungsinya  sebagai  Pembentuk Perda, Anggaran dan Pengawasan guna mendukung Pencapaian Visi Misi Provinsi Sumatera Utara yang bermartabat sebagai Proses cek and balance.

”Peningatan  kapabilitas dan kualitas yang dilaksanakan  harus proporsional  berbasis  pada peningkatan kinerja sehinga  saling mendukung bersama Pemerintah untuk mewujudkan Sumatera Utara   menjadi Provinsi yang bermartabat,” harap Edi.

Seusai pelantikan, pimpinan sementara yang berasal dari partai dengan perolehan suara terbanyak ditetapkan. Baskami Ginting dari PDIP terpilih sebagai ketua dan Sri Kumala Sari dari Partai Gerindra sebagai wakil ketua sementara.  Saat memberikan Sambutan Pimpinan Sementara  DPRD Sumut Baskami Ginting  menyebutkan,  pelantikan  yang dilakukan, merupakan titik awal bagi anggota Dewan dalam menjalankan Tugas  dan amanah dari Rakyat Sumatera Utara. Untuk itu  Baskami  berharap  kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan jajaranya, agar dapat bekerjasama  sebagai mitra kerja dalam memajukan pembanguna dan mensejahterakan masyarakat Sumatera Utara.

"Kerjasama yang baik antara DPRD dan Pemerintah  sangat diharapkan  untuk mewujudkan  Sumatera Utara yang  maju, Sejahtera  aman dan bermartabat,” kata Baskami.

Anggota Dewan yang dilantik ini didominasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan 19 kursi. Kemudian Partai Gerindra dan Partai Golkar, masing-masing 15 kursi, Partai NasDem 12 kursi, serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 11 kursi.

Kemudian Partai Demokrat 9 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 8 kursi, Hanura 6 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masing-masing 2 kursi, serta Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 kursi.

Dari nama-nama yang dilantik tersebut, hanya 23 yang merupakan petahana atau anggota DPRD Sumut yang lama,  karena  79 lainnya wajah baru. Dari 100 anggota DPRD Sumut  tersebut, 13 orang di antaranya perempuan dan  Jumlah itu  sama dengan periode sebelumnya 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00