• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Sampaikan Tiga Poin Terkait Penanganan Karhutla

16 September
22:00 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru: Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Riau meninjau kebakaran hutan dan lahan. Dalam rapat terbatas yang dipimpinnya, Jokowi menekankan tiga poin kepada pejabat daerah.

"Provinsi Riau telah ditetapkan status siaga darurat. Luas lahan terbakar juga puluhan ribu hektar. Jangan sampai ini mengganggu aktifitas penerbangan sehingga mengganggu pertumbuhan ekonomi yang ada di Riau," ungkap Jokowi di Novotel Pekanbaru, Senin (16/9/2019) malam.

Kedua, presiden menginstruksikan aparat penegak hukum menangkap pelaku pembakar hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap pekat.

"Saya minta juga aparat penegak hukum bertindak tegas baik kepada perusaahaan maupun perorangan. Dan ketiga, lakukan pencehahan agar tidak merembet ke lokasi- lokasi lain baik di gambut, hutan apalagi di wilayah pemukiman," tegasnya.

Bahkan Jokowi mengaku penanggulangan karhutla dapat diantisipasi sejak awal agar tidak meluas seperti saat ini.

"Saya minta laporan singkat saja. Seharusnya saya rasa tidak perlu lagi rapat seperti ini apalagi jelang musim kemarau harus lebih siap tapi ini kita lalai lagi sehingga asapnya menjadi membesar," tutupnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00